Jumat, April 23, 2021

Disperindag: Penting, Sertifikasi Halal Produk UMKM di Parimo

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Disperindag Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyebut penting sertifikasi halal produk UMKM.

“Produk UMKM bisa masuk ke swalayan jika miliki syarat sertifikasi itu. Bahkan, dapat dijual secara online,” ungkap Kepala Disperindag Parigi Moutong, Moh Yasir, usai mengikuti pembukaan kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi pelaku usaha bertempat di salah satu hotel, Selasa 16 Maret 2021.

Melihat peluang itu, makanya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tengah memberikan pembinaan serta pelatihan bagi pelaku UMKM di Parigi Moutong untuk mendapatkan sertifikasi halal bagi setiap produknya.

Baca juga: Berikut Rancangan Pemulihan Ekonomi Kota Palu

Kegiatan yang dicanangkan Pemprov Sulawesi Tengah bersama Disperindag Parigi Moutong, melibatkan sebanyak 50 orang pelaku UMKM.

“Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan sekali. Khususnya, bagi para pelaku UMKM Parigi Moutong. Jadi, mereka bisa mengajukan tata cara mendapatkan sertifikasi halal,” sebutnya.

Baca juga: Digitalisasi, Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Pemprov Sulawesi Tengah juga akan memfasilitasi para pelaku UMKM di Parigi Moutong untuk mendapatkan sertifikat halal.

Selain itu, kedepannya juga akan dilakukan pembinaan dari awal hingga ke tahap pemasaran produknya. Karena selama ini belum ada pembinaan sampai ke pemasarannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilitasi Informasi Industri Disperindag, Sulawesi Tengah, Irwansyah menyebut, ini merupakan kegiatan sosialisasi atau pembinaan bagi para usaha Industri Kecil Menengah terkait dengan sertifikasi halal untuk produk.

Baca juga: Ini Tiga Jalur Tempuh Untuk Dapat Memiliki Sertifikat Tenaga Pendidik

Baca juga: Polres Parigi Moutong Tahan Operator Alat Berat Tambang Buranga

“Kegiatan sangat penting, karena sertifikasi itu wajib dicantumkan pada produk. Kenapa, karena ini menyangkut olahan pangan yaitu langsung dikonsumsi konsumen,” tegasnya.

Sebenarnya, program ini di mulai sejak 2019 lalu. Sehingga, diwajibkan bagi semua pelaku usaha harus memiliki sertifikasi halal di semua produknya pada 2021 ini.

“Sertifikasi ini sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tutupnya.

Baca juga: Sertifikat Pendidik Menjadi Syarat Pendaftaran CPNS 2019 Formasi Guru

Baca juga: Polisi dan BPOM Tangkap Wanita Pengedar Pil Koplo di Banggai

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article