Seleksi Taruna Perikanan, DKP Parimo Gandeng Tiga Perguruan Tinggi

0
172
Seleksi Taruna Perikanan, DKP Parimo Gandeng Tiga Perguruan Tinggi
Sekretaris DKP Parimo, Moh Nasir (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Seleksi Taruna Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng, gandeng Tiga Perguruan Tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DKP Kabupaten Parimo, Moh Nasir,  16 Juli 2019, di ruang kerjanya. Ia mengatakan, tiga perguruan tinggi tersebut yaitu Sekolah Taruna Perikanan Jakarta, Politeknik Sidoarjo dan Politeknik Bitung.

“Seleksi diperuntukkan kepada siswa tamatan SMA berasal dari anak nelayan di Parimo. Untuk  kuota yang dibutuhkan dimasing-masing Perguruan Tinggi  hanya 10 orang saja sementara pendaftar melebihi dari kuota yang ada,” tuturnya.

Rinciannya, data Perguruan Tinggi Taruna Perikanan Jakarta, sembilan orang siswa yang mendaftar. Namun,  dinyatakan lulus berkas hanya tiga orang.

Data Politeknik Sidoarjo jumlah siswa pendaftar 80 orang. Yang dinyatakan lulus berkas tujuh orang.Kemudian, Politeknik Bitung jumlah siswa pendaftar 19 orang yang dinyatakan lulus berkas 15 orang.

Setelah dinyatakan lulus, masih ada tahapan yang harus dilalui yaitu seleksi fisik,kesehatan dan wawancara.

“Pengujinya, Tim Dosen penguji dari masing-masing Perguruan Tinggi yaitu Subroto Aliredjo dari Sekolah Taruna Perikanan Jakarta, Jefta Ratela dari Politeknik Sidoarjo dan Hariyono dari Politeknik Bitung,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tim penguji kemudian datang langsung ke Kabupaten Parimo yang difasilitasi Pemda. Setelah dinyatakan lulus siswa akan langsung memasuki Perguruan Tinggi masing-masing.

Harapan seleksi taruna perikanan, untuk meningkatkan kualitas SDM sektor perikanan. Mengingat, Kabupaten Parimo punya potensi perikanan di sepanjang pantai 472 Kilometer, yang dihuni oleh nelayan kurang lebih 9000 orang.

“Berbanding terbalik dengan tenaga Penyuluh Perikanan, yang hanya berjumlah lima orang dinilai sangat tidak representatif untuk peningkatan SDM sektor Perikanan yang ada,’’ tutupnya.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan