Sekda Parimo Lepas Ratusan Jamaah Calon Haji Parimo

0
281
Sekda Parimo Lepas Ratusan Jamaah Calon Haji Parimo
Jamaah calon haji Kabupaten Parigi Moutong (Parimo)

Parimo, gemasulawesi.com Sekda Parimo, Ardi Kadir bersama Kemenag Parimo melepas secara resmi pemberangkatan ratusan jamaah calon haji Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulteng.

Pantauan gemasulawesi.com diarea Kantor Kemenag Parimo sepanjang jalan jalur dua, ratusan warga berkerumun mengantar keluarga yang menunaikan ibadah haji.

“Kami berpesan bagi calon jemaah haji agar meluruskan niat dan mensucikan hati. Membersihkan pikiran dari sesuatu yang tidak bermanfaat sehingga ibadah haji yang dilaksanakan tidak sia-sia,” ungkap Ardi kadir, Sekda Parimo dalam sambutannya sebelum melepas keberangkatan jamaah calon haji, Sabtu, 27 Juli 2019.

Ia melanjutkan, beratnya tantangan pelaksanaan ibadah haji. Maka pemerintah selaku penyelenggara haji terus berupaya meningkatkan pelayanan haji. Menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan setiap calon jemaah haji.

Tujuannya, agar dapat merasakan kenyamanan baik dari segi mental, maupun dari segi fisik atau kesehatan. Tentunya, tidak terlepas dari penyiapan penginapan pemondokan serta berbagai hal berkaitan dengan pelaksanaan jamaah haji.

“Seorang berpredikat haji diyakini sebagai sosok manusia yang telah bersih jasmani dan rohaninya. Memiliki sifat kasih sayang dan perangai yang lebih lembut, yang menjadikanya dapat mencintai orang-orang yang ada disekelilingnya,” jelasnya.

Menurut data Kemenag Parimo, jamaah calon haji yang diberangkatkan berjumlah 210 jamaah. Rencananya, pemberangkatan jamaah haji melalui embarkasi Balikpapan.

Semula kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kemenag Parimo, Sudirman Tjora, jamaah calon haji tahun 2019 berjumlah 217 orang. Enam orang mutasi luar daerah yaitu Toli-Toli dan Kota Palu. Menjelang pemberangkatan ada tiga orang jemaah haji Parimo tertunda keberangkatanya karena sakit.

Pemberangkatan calon jemaah haji Parimo  dibagi menurut masing-masing  jenisnya yaitu,  wanita 134 orang, pria berjumlah 74 orang, menurut usia dan mahram lansia tujuh orang,  pendamping lansia empat orang dan pendamping mahram sembilan orang.

“Kami mencatat, usia termuda calon jamaah haji Parimo atas nama dr Adriani H Arfa, berusia 26 Tahun. Usia yang tertua jamaah haji Parimo bernama Nurisa T Barakaili umur 89 Tahun,” tutup Sudirman.

Baca juga: Jamaah Calon Haji Parimo Segera Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan