Selasa, April 13, 2021
BerandaPARIGI MOUTONGBupati Lantik Sekda Parigi Moutong

Bupati Lantik Sekda Parigi Moutong

- Advertisement -spot_img

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Bupati lantik dan ambil sumpah Sekretaris daerah atau Sekda baru Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

“Semoga, dengan dilantiknya Sekda Parigi Moutong yang baru ini, dapat semakin mengoptimalkan upaya mewujudkan visi dan misi membangun daerah,” ungkap Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya pada kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah Sekda Baru Parigi Moutong, di Pantai Lolaro Kecamatan Tinombo, Jumat 1 Januari 2020.

Sekda mempunyai tugas dalam membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan administratif. Terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta memberikan pelayanan administratif.

Zulfinasran, SSTP, MAP mendapat mandat sebagai Sekda Parigi Moutong, terhitung mulai 1 Januari 2021.

Baca juga: Akhir Desember, Jadwal Pelantikan Sekda Baru Parimo

Sementara itu, Kepala BKPSDM Parigi Moutong Ahmad Saiful mengatakan, proses pelantikan yang dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid 19.

Zulfinasran, SSTP, MAP menggantikan H Ardi, S.Pd, MM dalam jabatan Sekda Parigi Moutong yang telah memasuki purna tugas sejak 31 Desember 2020,” tuturnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Sekda baru Parigi Moutong, dihadiri Kepala Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD serta beberapa tamu undangan terbatas.

Sebelumnya, tiga dari empat nama pendaftar lulus seleksi kompetensi jabatan Sekretaris daerah atau Sekda Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga: Tiga Nama Lulus Seleksi Kompetensi Jabatan Sekda

“Ketiga nama itu adalah Adrudin Nur, Zulfinasran dan Mohamad Sakti Anhar Lasimpala yang akan mengikuti tahap selanjutnya,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parigi Moutong, Ahmad Saiful.

Ketiga nama itu kata dia, merupakan hasil seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural JPT Pratama jabatan Sekda Parigi Moutong.

Ia melanjutkan, seleksi manajerial dan sosial kultural Sekda itu, menggunakan metode assessment center yang ditetapkan kepala UPT penilaian kompetensi pegawai BKPSDM Sulteng.

“Nilai tertinggi dan memenuhi syarat yakni Addrudin Nur dengan nilai 94, Zulfinasran nilai 89 dan Sakti Lasimpala mendapat nilai 86,” jelasnya.

Ia mengatakan, dari empat orang peserta yang mengikuti seleksi Sekda, satu orang dinyatakan kurang memenuhi syarat.

Baca juga: Info Sulawesi, Panselda Kirim Tiga Nama Calon Sekda ke KASN

Sehingga, peserta yang dinyatakan lulus kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural seleksi Sekda berjumlah tiga orang.

“Ketiganya, berhak mengikuti tahapan seleksi Sekda berikutnya yakni seleksi kompetensi teknis yang mencakup fit and proper test atau wawancara dan pemaparan makalah,” tuturnya.

Dalam pemaparan makalah lanjut dia, wajib berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi jabatan sekretaris daerah.

Lingkup pemaparan makalah itu, meliputi manajemen SDM, perencanaan pembangunan daerah, penyusunan produk hukum daerah, pengelolaan keuangan daerah serta pengelolaan barang milik daerah dan advokasi kebijakan otonomi daerah.

“Bagi peserta seleksi Sekda yang tidak hadir sesuai waktu yang telah ditentukan, maka peserta itu dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan gugur,” tegasnya.

Ia menambahkan, keputusan Panitia Seleksi JPT Pratama Sekda Parigi Moutong tahun 2020, bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Baca juga: Tiga Calon Sekda Dinilai Miliki Kompetensi Tinggi

Laporan: Muhammad Rafii

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img