Sayutin: Dana Pokok Pikiran Sepenuhnya Untuk Kepentingan Warga Parigi Moutong

Parigi moutong, gemasulawesi.com- Dana Pokok pikiran (Pokir) sepenuhnya harus digunakan untuk kepentingan warga Parigi moutong (Parimo) Sebut Ketua DPRD Parigi moutong, Sayutin Budianto.

Hal tersebut diungkapkannya dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan di kantor DPRD Parimo, Kamis 5 Desember 2019.

Pernyataan itu dilontarkannya, paska terbitnya pemberitaan media ini terkait kritikan pengelolaan dana Pokir.

Ia menjelaskan, dana Pokok pikiran adalah hasil reses anggota DPRD berdasarkan wilayah pemilihannya masing-masing. Kemudian diusulkan pada eksekutif, diolah menjadi berbagai program sesuai usulan warga.

“Jadi bukan uangnya yang dibagi-bagi, tetapi programnya dibagi berdasarkan hasil reses itu. Jangan salah mengartikan Pokir itu. Saya mengapresiasi kontrol dari teman-teman pers. Kami juga tidak anti kritik. Setiap masukan akan kami terima,” tuturnya.

Lanjut dia, OPD akan menjalankan program itu, sementara DPRD akan menjalankan tugasnya dengan mengawasi progres pencapaiannya.

Ia menekankan, jika ada anggota DPRD yang latah mengerjakan sendiri program bersumber dari dana Pokok pikiran agar dilaporkan dan akan disanksi.

“Kami tidak main-main dalam melakukan pembenahan. Pola lama yang buruk di DPRD ini akan dirubah total,” tegasnya.

Sayutin menyebutkan, bukan hanya di kelembagaan akan dilakukan pengawasan ketat, bahkan hingga kesekretariatan pun kedepannya akan diawasi.

Ditekankannya tidak boleh lagi, ada hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan.

“Semua harus mengacu pada standar peraturan. Jika melanggar artinya siap menerima sanksi. Itu berlaku untuk semua,” ujarnya.

Sebaliknya ia meminta wartawan untuk membantu proses pengawasan pembangunan daerah. Menurutnya, pembangunan Parimo jika tidak diawasi dengan baik akan berakibat merugikan daerah.

“Mari kita bersama kawal dengan baik program daerah ini. Agar nantinya tidak salah urus. Tentu mengedepankan kepentingan seluruh warga parimo. Bukan kepentingan lembaga DPRD, Pemerintah maupun kepentingan partai, kita semua bekerja untuk kepentingan rakyat,” tekannya.

Ditambahkannya, tidak mungkin ada bagi-bagi dana Pokok pikiran sementara APBD masih dalam proses dan akan memasuki tahap asistensi yang rencananya akan dilaksanakan minggu depan.

Baca Berita Sebelumnya: Kemana Muara Puluhan Miliar Dana Pokir DPRD Parigi Moutong?

Laporan: Muhammad Irfan Mursalim

 

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here