2Banner GIF 2021

Saudi Arabia Segera Buka Pintu Umroh Bagi Jemaah Asal Indonesia

Saudi Arabia Segera Buka Pintu Umroh Bagi Jemaah Asal Indonesia
Foto: Menlu Retno Marsudi.

Gemasulawesi– Kerajaan Saudi Arabia segera buka pintu bagi jemaah umroh asal Indonesia. Pembukaan pintu untuk jemaah umroh ini disampaikan lewat nota diplomatik lewat kedutaaannya di Jakarta, Jumat, 8 Oktober 2021.

Kerajaan Saudi Arabia buka pintu umroh jemaah Indonesia itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melalui press briefing di situs kemlu.go.id, Sabtu, 9 Oktober 2021 di Jakarta.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah Indonesia,” kata Menlu Retno.

Baca juga: Pemprov, Kejati dan Pemkot Palu Kerjasama Perbaiki Tata Kelola Aset Daerah

Menurut Retno, komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja untuk meminimalisasi segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah Indonesia untuk beribadah umroh. 

Di dalam nota diplomatik itu, kata Retno, juga disebutkan kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi pengunjung berkait vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah. 

Nota diplomatik, tambah Retno, juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari kepada jemaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan. 

Baca juga: India Batalkan Bea Masuk Anti Dumping Produk Baja Indonesia

Baca juga: Parigi Moutong Kembangkan Tiga Kawasan Strategi Pariwisata Nasional

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detil,” tambahnya.

Kementerian Luar Negeri akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan yang baru ini. 

Baca juga: KPAI Minta Pemerintah Memvaksin Sedikitnya 70 Persen Populasi Sekolah

Baca juga: Komisi Hak Asasi Manusia Sulteng: Penganiayaan di Lapas Langgar HAM

“Saya sendiri telah berkoordinasi dan berkomunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama,” katanya. 

Menurut Retno, dia telah bertemu terakhir dengan Menteri Luar Negeri Saudi Arabia di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York, Amerika Serikat. (****)

Baca juga: Saudi Arabia Buka Penerbangan dari Indonesia Secara Terbatas

Baca juga: Hasil Kajian Vaksin Covid19 Penentu Jamaah Indonesia Berangkat Umrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post