Satu ABK Meninggal, KM Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Nasional, gemasulawesi – Satu Anak Buah Kapal (ABK) Meninggal Dunia, akibat Kapal Motor (KM) Bintang Surya yang terbakar diperairan Karimun, Selat Malaka, Riau, pada hari Minggu 12 Juni 2022.

Kapal Motor (KM) Bintang Surya yang terbakar di perairan Karimun, Selat Malaka, Riau tersebut membawa 18 awak kapal, 17 di antaranya dinyatakan selamat dan satu awak kapal (ABK) dinyatakan meninggal.

“KM Bintang Surya membawa 18 awak kapal. 17 orang selamat dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia,” ucap Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita diketerangannnya.

Wisnu Pramandita mengatakan kapal Bakamla, KN Pulau Dana 323 yang melakukan Operasi Amerta Bumi II di Selat Singapura, telah menerima permintaan bantuan darurat lewat kontak radio di channel 16 pada pukul 07.00 WIB.

Baca: Jenazah Eril Putra Sulung Ridwan Kamil Akan Tiba Minggu Sore

Menyikapi hal tersebut, KN Pulau Dana-323 bergerak dengan kecepatan tinggi langsung menuju lokasi kejadian, tepatnya pada koordinat 01.35.45 U103.35.09 T atau di sekitar Perairan Karimun, Selat Malaka, Riau.

Tiba di lokasi, sekitar pukul 08:45 WIB, KN Pulau Dana 323 yang dikomandani Letkol Bakamla Hananto Widhi Nugroh langsung menurunkan rigid inflatable boat (RHIB) dan mengaktifkan peralatan pemadam kebakarannya.

Tak lama kemudian, air disemprotkan ke kapal yang terbakar tersebut.

Berdasarkan hasil identifikasi awal tim Bakamla, kapal tersebut merupakan kapal pengangkut kayu bermuatan barang kelontong. Kapal tersebut berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun.

Selain itu, petugas mengevakuasi korban ke KRI Lemadang 631 yang juga turut memberikan bantuan dengan beberapa kapal tunda yang melintas antara lain kapal TB Maya dan TB Maiden Central.

Korban kemudian dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

“Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan dan KN Pulau Dana 323 masih melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian,” ucapnya. (*)

Baca: Penerimaan Nakes Honorer Jadi ASN Melalui Jalur PPPK

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.