Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Satgas Siapkan Latihan Pemulsaran Jenazah Covid19

Satgas Siapkan Latihan Pemulsaran Jenazah Covid19
Foto: Illustrasi pemulasaran jenazah covid19.

Gemasulawesi– Satgas Parigi Moutong, Sulawesi Tengah siapkan latihan pemulsaran jenazah covid19. Untuk mempersiapkan Puskesmas tangani pasien meninggal dunia.

“Nanti pelatihannya akan berkerjasama dengan rumah sakit, BPBD, dan Bagian Kesramas,” ungkap Jubir Satgas covid19 Parigi Moutong, Irwan, di ruang kerjanya, Jumat 30 Juli 2021.

Menurut dia, kencenderungan penularan virus corona di Parimo saat ini berasal dari perpaduan transmisi lokal dan pelaku perjalanan. Dengan kondisi pasien, masih di dominasi dengan gejala ringan.

Baca juga: Positif Covid-19, Istri Walikota Palu Dirawat di Jakarta

“Dari hasil analisanya, misalnya wilayah Parigi, Balinggi, Sausu, Torue, dan Mepanga, rata-rata masyarakatnya melakukan aktifitas keluar masuk. Sehingga, paling banyak terkonfirmasi positif dan menularkan ke keluarganya,” kata dia.

Pemerintah daerah kata dia, telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus Covid19.

Rencananya, gedung Diklat akan kembali dimanfaatkan sebagai tempat Isoman, serta menambah fasilitas rujukan covid19 dengan memanfaatkan rumah sakit Tinombo dan Moutong.

“Jadi nantinya penanganan pasien Covid19, akan dibagi secara zonasi,” tuturnya.

Baca juga: Gubernur Tekankan Penanganan Pandemi Covid19 Mulai dari Desa

Satgas minta peran Puskesmas dimaksimalkan tekan pandemi

Selanjutnya, selain pemulsaran jenazah covid19, ia juga menekankan Pemdes perkuat PPKM desa. Dan maksimalkan peran Puskesmas sebagai upaya menekan pandemi.  

“Kita lihat saja diawal virus ini ada, meskipun masih zona hijau tetapi situasinya seperti zona merah. Sehingga penularannya bisa segera dicegah saat itu,” sebutnya.

Dia meyakini, dengan Pemdes perkuat PPKM desa menjadi salah satu kunci menurunkan penularan covid19. Karena pembatasan aktifitas warga dapat teratasi dengan adanya posko-posko di setiap desa.

“Kalau ini kembali diaktifkan, saya yakin bisa teratasi,” tuturnya.

Langkah Satgas covid19 Parimo terkait latihan pemulsaran jenazah covid19, penguatan PPKM Desa dan peran Puskesmas, sejalan dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura.

Gubernur mengatakan, kunci menurunkan lonjakan kasus adalah dengan memperkuat penanganan pandemi covid19 yaitu pencegahan di tingkat bawah yaitu desa dan kelurahan.

Selain itu, ia menyarankan agar Puskesmas dioptimalkan untuk penanganan pandemi covid19 dengan merawat pasien bergejala ringan dan sedang.

Hal itu disebabkan karena keterisian rumah sakit sudah maksimal, bahkan over kapasitas.

Baca juga: Pansus Sarankan Sewa Tenda Darurat Tampung Pasien Covid19

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post