fbpx

SAPK Disebut Bisa Bantu Kelola Kepegawaian Parimo Secara Akurat

waktu baca 3 menit
Sosialisasi SAPK BKN Parigi Moutong Sulawesi Tengah (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.comSistem Aplikasi Pengelola Kepegawaian atau SAPK, disebut bisa membantu pengelolaan kepegawaian Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi tengah (Sulteng) secara akurat.

Menurut Sekretaris daerah (Sekda) Parimo, H. Ardi, keberadaan SAPK Badan Kepegawaian Negara (BKN) dapat digunakan sebagai pedoman untuk penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP), kenaikan pangkat, pemberhentian, pemberian pensiun pegawai negeri sipil dan perpindahan instansi.

“Seluruhnya, berbasis aplikasi pelayanan kepegawaian secara online,” sambutannya saat membuka Sosialisasi Pemutakhiran Data Kepegawaian SAPK BKN dengan Data Kependudukan, dikutip dari laman resmi Pemda Parimo, Jumat, 8 November 2019.

Ia melanjutkan, aplikasi itu dapat menyajikan data pegawai dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Semua bentuk layanan pegawai akan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.

Baca juga: Ini Daftar 67 Alokasi Formasi CPNS Majene Sulawesi Barat 2019

Sehingga, dengan bantuan SAPK BKN pengelolaan administrasi PNS lingkup Pemda Parigi Moutong Sulawesi Tengah, dapat menjadi lebih tertib.

“SAPK BKN dapat menghasilkan laporan secara otomatis, dalam berbagai bentuk dan waktu yang sangat singkat,” terangnya.

Contoh laporannya, antara lain daftar nominatif, daftar urut kepangkatan, serta berbagai statistik jumlah pegawai negeri sipil berdasarkan kriteria tertentu baik dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk grafis.

Melalui aplikasi ini juga kata dia, dapat diketahui periode kenaikan pangkat selanjutnya dari seorang PNS, masa pensiun dan jumlah pegawai yang akan pensiun.

Baca juga: Enam Desa Masuk Zona Merah Pamsimas Parigi Moutong Sulawesi Tengah

“Dengan adanya SAPK BKN, seluruh bentuk data yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan berkaitan dengan kebijakan kepegawaian, dapat dilakukan dengan cepat, akurat dan tepat guna,” harapnya.

Diketahui, sosialisasi pemutakhiran data kepegawaian pada SAPK BKN dilaksanakan selama satu hari yang diikuti para Kasubag Kepegawaian beserta operator dari setiap OPD.

Sementara itu, BKN dalam laman resminya mengatakan belum terintegrasinya data PNS satu sama lain menggunakan duplikasi data, kemudian menyebabkan inefisiensi dalam penanganan masalah kepegawaian.

Menyikapi hal itu, BKN mengembangkan SAPK online yang menggunakan satu basis data PNS.

Baca juga: Keluhan Krisis Listrik, DPRD Banggai Sulawesi Tengah Panggil PLN

Fasilitas akses SAPK disediakan untuk seluruh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi, Kabupaten, Kota atau Biro Kepegawaian di Instansi Pusat. Bagi instansi yang sudah terdaftar di BKN alias diberikan kode akses yaitu user-id dan kata sandi, sehingga dapat diakses basis data kepegawaian yang ada di BKN.

Baca Juga: Berbekal Peta Dasar BIG, Ratusan Desa Dapat Tentukan Batas Secara Defenitif

Berikut cara login dan penggunaan Aplikasi My SAPK BKN versi 2019:

  1. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi kemudian klik sign in;
  2. Lakukan login dengan mengimput username berupa NIP dan password berupa NIK;
  3. Periksa data yang ada di aplikasi seperti data utama, pangkat, golongan, jabatan dan posisi lainnya. Jika terdapat ketidaksesuaian bisa menghubungi BKD masing-masing.
  4. Cek menu update data, lakukan pengisian data yang diperlukan untuk menambah atau menyempurnakan data;
  5. Bagi yang sedang mengajukan kenaikan pangkat, bisa membaca fitur notifikasi untuk melacak proses pangkat anda.
  6. Cek menu yang lain. lengkapi data jika bisa dilakukan.

Baca juga: Suhu Udara Tercatat 37,8 Derajat Celsius, Ini Peringatan BMKG Sulawesi Tenggara

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.