Sampah Menumpuk, Ini Kendala Pemerintah Kecamatan Parigi Utara

0
148
Sampah Menumpuk, Ini Kendala Pemerintah Kecamatan Parigi Utara
Aksi bersih-bersih Pemerintah Kecamatan Parigi Utara (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Sampah menumpuk, Pemerintah Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), punya kendala yang butuh perhatian bersama.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kecamatan Parigi Utara, Usman usai kerja bakti di lokasi Eks Sail Tomini, Jumat, 26 Juli 2019. Salah satu kendala masalah sampah menumpuk di Kecamatan Parigi Utara adalah keterbatasan kendaraan pengangkut sampah.

“Kami mengharapkan kepada Dinas terkait sekiranya dapat membantu pengadaan alat kendaraan roda tiga pengangkut sampah. Alhamdulillah, kini usulan kami telah disampaikan kepada Asisten III Sekretariat Daerah Parimo selanjutnya diteruskan ke Dinas PLH Parimo,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, Kecamatan Parigi Utara merupakan tumpukan sampah terbanyak karena merupakan lintasan segi tiga emas Sulawesi. Parigi Utara wilayah pelintasan berbagai pengendara dari berbagai Provinsi di Sulteng yakni Terminal Toboli dan Perempatan Toboli.

Untuk mengantisipasi tumpukan sampah kami mencari solusi dengan menyiapkan tong sampah yang terbuat dari kayu. Penanganannya langsung Panitia yang telah dibentuk melalui rapat di Kantor Camat Toboli Parigi Utara.

“Hal tersebut merupakan hasil kesepakatan Pemerintah Kecamatan Parigi Utara melalui rapat yang dipimpin langsung Camat Parigi Utara, Rahman Badja. Sesuai dengan Program Pemerintah Kecamatan agar daerah ini terbebas dari sampah,” tegasnya.

Selain itu, solusi lainnya adalah kerja bakti bersih-bersih lingkungan sejak Jumat pekan lalu. Kerja bakti bersama OPD dipimpin langsung Asisten III Sekretariat Daerah Parimo, Arman Maulana bersama Polsek Toboli.

Kemudian, program tersebut merupakan program Pemerintah Kecamatan Parigi Utara, untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Parimo dalam rangka menyambut Adipura.

“Kerja bakti guna membersihkan sampah dan memangkas rumput yang sudah tinggi. Sasaran bersih-bersih areal Terminal Toboli hingga Lokasi Eks Sail Tomini,” tutupnya.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan