Sambut Adipura, Kelurahan Maesa Siapkan 80 Bak Sampah

0
212
Sambut Adipura, Kelurahan Maesa Siapkan 80 Bak Sampah
Tony Siwi, Lurah Maesa

“Tahun ini Pemerintah Kelurahan Maesa bakal mengadakan 80 bak sampah yang tersebar didua titik pemukiman padat penduduk.”

Parimo, gemasulawesi.com- Sambut Adipura, Kelurahan Maesa siapkan 80 bak sampah, itu juga dilakukan untuk mendukung Pemda mengatasi persoalan sampah di kawasan Ibukota Kabupaten.

Pengadaan bak sampah tersebut juga bentuk persiapan Kelurahan Maesa dalam mengikuti lomba Adipura mewakili Propinsi Sulawesi Tengah.

Hal tersebut diungkapkan, Tony Siwi Lurah Maesa Kecamatan Parigi, Kabupaten Parimo Provinsi Sulawesi Tengah, diruang kerjanya, Senin 04 Maret 2019.

Ia mengatakan, dianggarkan kurang lebih 500 juta untuk pengadaan 80 buah bak sampah dan dua kendaraan jenis sepeda motor tiga roda sebagai kendaraan operasional.

Sampah tersebut kata ia, rencananya juga akan dijadikan sebagai sampah yang produktif dengan dibuat menjadi pupuk organik.

Sehingga pihaknya akan berupaya merubah pola pikir masyarakat kelurahan maesa untuk tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Jadi untuk  sambut adipura, kita harus adakan bak sampah diberbagai pinggir jalan kelurahan maesa,” ujarnya.

Dengan menyiapkan anggaran sekitar 500 juta rupiah lanjut ia, pihaknya dapat mempekerjakan sekitar 15 orang dengan upah minimal 600 ribu rupiah perbulannya.

Ia menambahkan, keseluruhan program ini didapatnya dari hasil study banding yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Biaya operasional pembersihan drainase 600 ribu perbulan, dan untuk sapu jalan 500 perbulan,” jelasnya.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan