Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong

Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng
Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong.

Berita parigi moutong, gemasulawesiMenarik untuk memahami apa itu visi Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong (Parimo) di Sulawesi Tengah (Sulteng), dengan menempatkan Kawasan Mosing sebagai epicentrumnya.

Epicentrum Kawasan Pantai Mosing berada di Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong.

Read More

Kawasan Pantai Mosing ini berjarak sekitar 100 Km atau waktu tempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari Ibukota Parigi Moutong, Kecamatan Parigi.

Desa Siney tempat Kawasan Pantai Mosing, memiliki keunggulan sumber daya alam yang hampir sama dimiliki daerah lainnya di Parigi Moutong secara khusus dan di Indonesia secara umum.

Dengan sumber daya alam unggul, muncul gagasan pengembangan pusat kawasan atau tatanan kehidupan baru di Parigi Moutong. Tatanan kehidupan ekonomi, pendidikan dan kebudayaan baru.

Optimisme sektor pertanian dan perikanan di Parigi Moutong bisa dikembangkan lebih baik lagi. Dengan Desa Siney menjadi bagian dari rencana besar itu.

Etalase atau display perwajahan pengembangan pertanian dan perikanan ditempatkan di Kawasan Pantai Mosing. Mengusung konsep sentral pembangunan sustainable dengan memperhatikan lingkungan.

Etalase Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong dimulai dari Desa Khatulistiwa, wilayah tempat dilaluinya garis khatulistiwa, menjadi ciri utama promosi pengembangan daerah.

Visi Sabuk Khatulistiwa

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu mengatakan awal mula visi Sabuk Khatulistiwa Parigi Moutong adalah untuk memenuhi kebutuhan penyanggah ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

“Letak geografis Parigi Moutong sangat strategis, untuk menyokong kemampuan wilayah ibu kota baru, dari segi ketersediaan pangan,” ungkapnya di Siney, Kamis 9 Juli 2020.

Saat Presiden Joko Widodo merencanakan ibu kota baru, sudah diperkirakan akan ada perpindahan manusia sekitar 1 juta orang. Kemudian, muncul beberapa pertanyaan siapakah menjadi daerah penyanggah kebutuhan pangannya.

Sementara, beberapa daerah penyanggah pangan untuk Ibu Kota Jakarta, memastikan diri tidak akan mampu memenuhi kebutuhan pangan ibu kota baru. Setelah berdiskusi, akhirnya Parigi Moutong Sulteng menyatakan diri siap untuk menjadi daerah penyangga.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.