Saat Berbuka Puasa Dan Sahur Hindari Kebiasaan Buruk Ini

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Saat anda berbuka puasa dan sahur di bulan suci Ramadhan hindari sejumlah kebiasaan buruk yang akan berdampak pada kesehatanmu. Mempunyai berat badan ideal adalah impian bagi setiap orang. Tidak jarang puasa dijadikan sebagai waktu untuk menurunkan berat badan.

Faktanya, banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa. Jika demikian, Anda mungkin melakukan salah satu dari kebiasaan buruk saat berbuka puasa dan sahur berikut ini.

  1. Lupa diri saat berbuka puasa dan sahur

 Banyak orang tidak bisa menahan nafsu makannya saat matahari terbenam. Dari makanan yang berkarbohidrat hingga kandungan gula yang tinggi, masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Hal inilah yang membuat berat badan bertambah dibandingkan sebelumnya.

Baca: Ini Sejumlah Bisnis Layanan Jasa Milik Pakar SEO Marsuki

  1. Porsi makan yang berlebihan

Bagi yang porsi makannya banyak, akan bertambah  lagi saat berbuka puasa dan sahur. Itu juga  membuat orang cepat rentan terhadap kenaikan berat badan.

  1. Kurang aktivitas fisik

Saat berpuasa, orang cenderung mudah merasa lemas untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Tak heran, kondisi ini membuat seseorang malas untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau sekadar jalan-jalan.

Salah satu faktornya adalah kantuk  jika ini terjadi, kelebihan kalori  dari makanan yang dimakan saat sahur dan buka puasa akan menumpuk, yang menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Durasi tidur yang kurang

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mudah mengalami kenaikan berat badan. Ketika durasi tidur berkurang, hormon yang mengatur metabolisme dan nafsu makan, yang disebut leptin, terganggu.

Jika hormon leptin terlalu tinggi, tubuh  akan terus merasa lapar bahkan setelah makan sahur maupun berbuka puasa dan banyak  ngemil. Efeknya, bukannya halus, malah menambah berat badan.

  1. Tidur setelah melaksanakan sahur

Setelah sahur, kebanyakan orang langsung melanjutkan tidurnya. Meski kebiasaan ini berdampak negatif bagi tubuh, salah satunya adalah penambahan berat badan.

Jika Anda tidur kurang dari dua jam setelah makan, saluran pencernaan Anda tidak punya waktu untuk memproses makanan yang baru saja Anda makan dengan benar. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi tidak menghasilkan energi, melainkan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.