2Banner GIF 2021

Rumah Sakit di Bandung Krisis Stok Pasokan Oksigen

Rumah Sakit di Bandung Krisis Stok Pasokan Oksigen
Foto: Illustrasi Krisis tabung oksigen di RSAI Bandung.

Berita nasional, gemasulawesi– Rumah Sakit Al Islam Bandung, Jawa Barat, krisis stok pasokan oksigen. Manajemen sementara ambil kebijakan tidak menerima pasien sesak nafas.

“Pengumuman. Sehubungan dengan tidak tersedianya pasokan oksigen, maka sementara kami tidak dapat menerima pasien dengan keluhan sesak napas dan akan kami evaluasi hingga tanggal 7 Juli 2021,” tulis keterangan akun Instagram @rsalislambandung, akun media sosial resmi RS Al Islam.

Krisis stok pasokan oksigen tabung dialami ditengah melonjaknya pasien covid 19.

Kepala Bidang Informasi dan Pemasaran Rumah Sakit Al Islam Bandung Guntur Septapati mengatakan, pengumuman rumah sakit dilatari krisis stok pasokan oksigen mulai tersendat sejak pekan lalu.

“Stok oksigen menipis dirasakan mulai2-3 hari lalu. Setiap harinya sebanyak 94 tabung oksigen. Jadwal pengisian sehari dua kali,” sebutnya, Minggu 4 Juli 2021.

Stok tabung oksigen dari suplier kata dia, biasanya 60 tabung. Namun saat ini hanya bisa 20 tabung saja. Saat ini krisis stok pasokan oksigen.

Atas kondisi krisis stok pasokan oksigen ini, pihak RS Al Islam terpaksa tidak dapat menerima pasien dengan keluhan sesak napas yang berlaku sejak Minggu 4 Juli 2021.

Manajemen rumah sakit akan kembali mengevaluasi keputusan ini hingga 7 Juli 2021 mendatang.

Baca juga: Mobil Truk Bermuatan Tabung Oksigen Masuk Jurang Kebun Kopi, Parigi Moutong

“Keputusan diambil karena suplier agak terhambat suplainya,” tuturnya.

Ia tidak mengetahui secara persis masalah dari suplier. Namun informasinya, itu karena permintaan tabung oksigen tinggi, sehingga suplai terganggu.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Target Produksi Udang 200 Ribu Ton

Jadi untuk antisipasi itu, RSAI Bandung prioritaskan pasien dalam perawatan. Baik yang dirawat di HCU, ICU dan IGD memang butuh oksigen.

“Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan pasokan oksigen dari penyedia maupun tempat lain. Tetapi sampai saat ini masih mengalami kendala dan pasokan oksigen,” ucapnya.

Baca juga: Kelangkaan Oksigen Penyebab Meninggalnya Pasien Covid 19 di Yogyakarta

Ia khawatir semakin tersendat suplai tabung oksigen. Ia menyebut dalam tiga hari ini masih bisa bertahan, asalkan tidak menerima pasien lagi.

Dibandingkan oksigen tabung, suplai oksigen liquid di RS Al Islam masih aman. Namun, ruang IGD rumah sakit belum terpasang saluran oksigen liquid. Sementara banyak pasien yang datang ke IGD dengan keluhan sesak napas.(**)

Baca juga: 33 Pasien Meninggal karena Krisis Stok Oksigen di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post