Riznu Fitra Inisiatif Kembangkan Pariwisata di Parigi Moutong

Riznu Fitra Inisiatif Kembangkan Pariwisata di Parigi Moutong
Foto: Festival Teluk Tomini Parigi Moutong.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Melihat potensi Teluk Tomini, Riznu Fitra anak Bupati Samsurizal Tombolotutu berinisiatif mengembangkan sektor pariwisata di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Saya pertama mengetahui Pantai Lolaro ini bulan Januari kemarin, karena selama ini saya Dinas di Manado. Menurut saya, Parigi Moutong ini punya potensi pariwisata yang luar biasa, dan harus dikembangkan seperti daerah lain,” ungkap Riznu Fitra, di Lolaro, Jumat 25 Juni 2021.

Belajar dari Kota Manado yang mengembangkan potensinya dengan baik, sehingga dirinya berkeinginan kembangkan pariwisata di Parigi Moutong.

Langkah awalnya, adalah memberikan edukasi terlebih dahulu kepada warga dan mendeteksi potensi apa yang dominan di Teluk Tomini, untuk menjadi daerah kunjungan pariwisata di Parigi Moutong.

Baca juga: Meski Pandemi Corona, Sulteng Tetap Izinkan Objek Wisata

“Mari kita berikan edukasi masyarakat dulu, apa yang lebih dominan di perairan teluk Tomini ini, atau kita jadikan Tomini Wisata,” ujar Riznu yang bestatus Perwira Menengah berpangkat Mayor Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) bertugas di Manado.

Riznu mengajak, seluruh komponen untuk bersama-sama membantu pemerintah daerah membangun Parigi Moutong, salah satunya melalui pengembangan pariwisata di Parigi Moutong.

Kedatangan tim diving sebanyak tujuh orang salah Kota Manado yang dikoordinirnya, bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat, Pariwisata tidak harus dijadikan kegiatan seremoni saja. Akan tetapi lebih menggali lagi potensinya sebagai bagian dari promosi pariwisata.

Kemudian di Kota Manado, rata-rata warganya berprofesi sebagai pemandu turis. Sebab, didukung dnegan sekolah SMK Diving dan kuliah Politeknik Wisata.

Melihat dari itu, dirinya juga berkeinginan hal yang sama ada di Parigi Moutong. Sehingga, sektor pariwisata juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat setempat.

“Hasilnya lulusan dari situ bisa menjadi Pemandu Wisata atau Gaming Turis. Ini yang kita harus manfaatkan agar kedepan Parigi Moutong bisa seperti itu. Bisa dijadikan profesi atau sumber penghasilan bagi masyarakat dan pastinya juga berhubungan dengan cinta lingkungan,” kata dia.

Sebagai edukasi, Riznu paling tidak dapat membantu mengajarkan atau memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui Instruktur The Master Diving terkait pengembagan wisata Diving di Parigi Moutong.

“Sebanyak lima orang sudah bersertifikat The Master Diving coba membantu memberikan pelatihan khususnya kepada anak-anak kita, dari daerah terpencil dan para nelayan di pesisir pantai,” tutupnya.

Baca juga: Kementrian Dorong Parigi Moutong Kembangkan Sentra Perikanan Baru

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post