Rivai: DPUPRP Parigi Moutong Optimis Raih PAD Rp750 Juta

Rivai: Kami Optimis Raih PAD DPUPRP Parigi Moutong Rp750 Juta
Rivai, sekretaris DPUPRP Parimo.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Target Pendapatan Asli Daerah atau PAD Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan atau DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mencapai Rp750 Juta pada tahun 2020.

“Kami optimis dapat mengejar target PAD,” tegas Rivai selaku Sekretaris DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong di ruang kerjanya, Senin 23 Maret 2020.

Read More

Ia mengatakan, mengejar target PAD DPUPRP Parigi Moutong dengan jumlah Rp750 Juta bukanlah hal yang mudah.

Namun, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Arifin Amat itu menggunakan beberapa strategi demi mengejar target PAD.

Diantaranya, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) yang ditangani DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong.

IPA SPAM DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong kata dia, terdapat dibeberapa kecamatan.

Seperti di Kecamatan Moutong, Parigi dan Torue.

Menurutnya, penanganan IPA SPAM tersebut menjadi salah satu sumber yang mendukung pemenuhan target PAD.

Contohnya, dari pembayaran iuran pelanggan bagi masyarakat pengguna IPA SPAM.

“Makanya kami terus berupaya memperbaiki pelanggan. Tetapi, kami juga berupaya memperbaiki jaringan pipa jika terjadi masalah,” tuturnya.

Ia mengatakan, DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong saat ini menunggu penetapan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang masih dalam pembahasan DPRD.

Menurutnya, jika Perda RTRW telah ditetapkan DPRD, akan mempermudah pihaknya menangani persoalan pelanggan. Dalam Raperda RTRW kata dia, turut menjelaskan persoalan IPA SPAM.

Mulai dari persoalan IPA SPAM secara menyeluruh. Hingga yang paling terkecil seperti penanganan pelanggannya juga diatur dalam Perda RTRW. Dengan begitu, Perda itu dapat menjadi senjata bagi pihaknya untuk mengatasi pelanggan nakal.

“Masih banyak pelanggan nakal yang menggunakan IPA SPAM secara ilegal atau mengambil dari jaringan pipa tanpa sepengetahuan petugas kami dilapangan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong fokus pada pelanggan dan perbaikan jaringan pipa IPA SPAM Parigi yang berpusat di Desa Parigimpu’u Kecamatan Parigi Barat.

Ia menambahkan, bagi warga pengguna IPA SPAM Parigi yang dianggap kurang mampu diberikan kebijakan dalam pembayaran iuran.

Baca juga: Berwisata Kuliner di Parigi Moutong, Wajib Cicipi Makanan Ini

Laporan: Roy L

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.