Kenali Risiko Covid-19, Saat Beraktifitas Masa New Normal

  • Whatsapp
Kenali Risiko Covid-19, Saat Beraktifitas Masa New Normal
Infografis risiko terpapar covid-19 (Foto: Gemasulawesi)

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiPemerintah tengah menggodok kebijakan New Normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi covid-19. Untuk menjalaninya warga perlu kenali risiko selama beraktifitas sehari-hari.

Pasalnya, akhir pandemi covid-19 belum menemui titik terang dan masih sebatas menjadi prediksi. Selama belum ditemukannya vaksin atas virus ini.

Bacaan Lainnya

Menurut Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Dr. Tri Yunis Miko Wahyono, vaksin covid-19 diperkirakan baru akan tersedia di Indonesia dalam waktu satu setengah tahun. Itu pun baru perkiraan kasar.

Jika pembatasan kegiatan warga dipertahankan berlangsung sepanjang waktu itu, maka kerugian ekonomi yang dialami masyarakat Indonesia hampir dapat dipastikan akan semakin besar.

Maka, untuk memutar kembali roda perekonomian yang tersendat karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat lainnya.

Sebesar apakah risiko terjangkit COVID-19 dalam kegiatan sehari-hari?

Guna memberikan edukasi kepada warga seputar aktivitas di era New Normal, Lifepal yang berkolaborasi dengan Pakar Epidemiologi FKM UI Dr. Tri Yunis Miko Wahyono, Msc. Membuat daftar aktivitas yang umum dilakukan masyarakat sehari-hari dilengkapi dengan potensi tingkat risiko terpapar Covid-19 dari aktivitas tersebut.

Terdapat empat level risiko yang kami buat yakni, “rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi.”

Untuk menentukan sebuah aktivitas masuk ke salah satu kategori penularan di atas, kami mempertimbangkan beberapa faktor antara lain adalah:

Kontak dengan orang lain, yang artinya seberapa intensif potensi kontak fisik yang terjadi antara satu orang dengan orang lain dalam aktivitas ini

Jarak fisik antara satu orang dengan orang lain, yakni seberapa dekat jarak seseorang dengan orang lain ketika melakukan suatu aktivitas

Hubungan antara aktivitas sehari-hari dengan penularan virus Covid-19, bagaimana sebuah aktivitas memiliki keterkaitan tinggi dengan penyebaran penyakit

Ketaatan dalam mematuhi protokol kesehatan, yakni ketaatan dalam menerapkan tindakan pencegahan seperti mengenakan masker dengan baik, mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, dan atau melakukan physical distancing dengan jarak minimal 1 meter dari orang lain.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.