Ribuan WBP Sulawesi Tengah Dapat Remisi di Idul Fitri 2022

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulteng, Budi Argap Situngkir. (Foto/Istimewa)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terdiri dari Narapidana dan tahanan di Sulawesi tengah (Sulteng) mendapatkan remisi di hari Raya Idul Fitri tahun 2022 dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulteng.

Keringanan bagi WBP di Sulteng ini diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 12 Tahun 1995 tentang Penyesuaian, PP no. 32 Tahun 1999 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP, yang telah diubah dengan PP No. 99 Tahun 2012 dan Perpres no. 174 tahun 1999 tentang pengurangan masa tahanan.

Baca: KKB Berulah Lagi Serang Prajurit TNI, 2 Orang Terluka

Kepala Bagian Lapas Kanwil Kemenkumham Sulteng, Sunar Agus sabtu, 30 April 2022mengatakan, ada 3 remisi yang diberikan pada 3.237 napi dan 496 tahanan dengan total 3.733 WBP di Sulawesi Tengah.

 “Khusus 3.237 WBP yang mendapat remisi khusus  Idul Fitri 1443H ada 2.260 orang yang terdiri dari 2.258 orang mendapat remisi khusus sebagian (RK I) atau pengurangan  hukuman,” terangnya.

Baca: Gunung Anak Krakatau Naik Status Menjadi Siaga!

Sementara itu, 2 orang mendapat remisi gratis (RK II) atau dinyatakan bebas 1 narapidana asal Lapas Parigi dan 1 Narapidana dari Lapas Luwuk. Lanjut dia, saat ini kondisi Lapas atau Rutan di Sulawesi tengah telah melebihi kapasitas dalam masa pandemik.

Pihaknya juga kata dia, akan terus meningkatkan pelayanan dan rujukan Warbinpas serta mengubah paradigma pemasyarakatan menjadi lebih cepat dan tepat sasaran dengan melaksanakan pelayanan berbasis teknologi informasi.

Tidak lupa pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulteng, Budi Argap Situngkir, menghimbau Warbinpas berperan aktif mengikuti seluruh pembinaan program di Lapas atau Rutan dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. (*)

Baca: Kanwil Kemenkumham Sulteng Laksanakan Seleksi CPNS Hari Pertama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.