Ribuan Siswa SMP di Parimo Siap UNBK

0
47
Ribuan Siswa SMP di Parimo Siap UNBK
Illustrasi UNBK

Parimo, gemasulawesi.com Ribuan siswa SMP di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Jumlah ribuan siswa kelas tiga yang menjadi peserta ujian nasional tahun 2019 terakumulasi baik dari sekolah negeri dan swasta.

“Total siswanya, sebanyak 7890 tersebar ke 90 SMP di seluruh Parimo,” ungkap Kabid Pembinaan SMP, Jalaludin, di SMPN Dua Parigi Kelurahan Bantaya, Sabtu, 16 Maret 2019.

Seluruh SMP menyatakan siap untuk melaksanakan UNBK, karena telah ditunjang berbagai fasilitas dan jaringan internet pendukung.

Selain itu, terdapat 24 sekolah juga melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Tulis (UNKP). Terdiri dari 19 sekolah negeri dan lima sekolah swasta.

Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan masalah yang akan timbul pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Pihaknya melaksanakan sosialisasi kepada seluruh SMP.

“Tujuannya, mengecek kembali peserta disekolah yang melaksanakan UNBK dan UNKP,” jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam sosialisasi itu juga membahas penggandaan soal bagi sekolah yang melaksanakan UNKP. Serta pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang rencananya akan dilaksanakan sebelum UN pada tanggal 22-25 April.

Ia menegaskan, sekolah yang melaksanakan UN merupakan sekolah yang telah terakreditasi. Pun pesertanya mencukupi jumlah 22 siswa.

Apabila terdapat sekolah yang tidak mencuckupi, dapat begabung dengan sekolah terakreditasi lainnya, berdasarkan juknis yang telah ditetapkan.

“Ujian sekolah berdasarkan rencana akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 April,” terangnya.

Sementara itu lanjut dia, setiap sekolah telah melaksanakan simulasi UNBK sebanyak dua tahapan. Dan pekan depan merupakan simulasi terakhir.

Pada simulasi terakhir, adalah penentu bagi siswa peserta UNBK untuk mendapatkan ID Card.

Sehingga, jika ada siswa yang tidak mengikuti simulasi tersebut, dapat dipastikan tidak akan diikutkan pada pelaksanaan UNBK.

“Kami harapkan, UN tahun 2019 seluruh peserta ujian mendapatkan nilai yang terbaik, tertinggi di Sulteng,” tutupnya.

Laporan: Tim Gemasulawesi

Tinggalkan Balasan