Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Ribuan Jasa Cetak Kartu Vaksin di Marketplace Diblokir

Ribuan Jasa Cetak Kartu Vaksin di Marketplace Diblokir
Foto: Illustrasi Kartu Vaksin Covid19.

GemasulawesiKemendag blokir ribuan jasa cetak kartu vaksin covid19 di platform marketplace. Guna mencegah kebocoran data pribadi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi.

Langkah blokir ribuan jasa cetak kartu vaksin covid19 ini dilakukan bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

“Hingga saat ini sudah sebanyak 2.453 produk dan jasa pencetakan kartu vaksin di marketplace telah diblokir pemerintah,” ungkap Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Anggrijono, dalam keterangan tertulis, Minggu 15 Agustus 2021.

Baca juga: BPOM Musnahkan Obat Ilegal Palu Temuan Dalam Dua Tahun

Ia mengatakan, sejauh ini sudah dilakukan pemblokiran sebanyak 137 kata kunci (keywords) dan 2.453 produk dan jasa cetak kartu vaksin covid19.

Dalam marketplace terdapat berbagai penawaran jasa cetak kartu vaksin covid19 yang dapat berpotensi melanggar ketentuan perlindungan data pribadi.

Kemendag melalui Direktorat Jenderal PTKN meningkatkan pengawasan layanan cetak kartu vaksin covid19 di marketplace Indonesia, menyusul ditemukannya 83 tautan pedagang yang menawarkan layanan cetak kartu/sertifikat vaksin dengan harga yang beragam.

Lewat langkah pengawasan itu, maka pemerintah melakukan proses penurunan (take down) tautan penjualan kartu vaksin, dan memblokir kata kunci (keyword) yang mengandung frase ‘sertifikat vaksin’, ‘jasa cetak vaksin’, dan sejenisnya.

Harga cetak kartu vaksin bervariatif

Sebelumnya, ada beberapa toko online menyediakan cetak kartu vaksin. Pertama, penyedia jasa cetak online yang memiliki logo biru putih menyediakan jasa cetak sertifikat vaksin covid19.

Harganya pun bervariasi, semakin banyak pemesanan semakin murah. Untuk pemesanan 1-5 pcs kartu vaksin seharga Rp 17.100, kemudian, jika 10 pcs harga satuannya menjadi Rp 9.440, 30 pcs menjadi Rp 5.897,67, dan 50 pcs menjadi Rp 5.840 per kartu.

Ukuran yang ditawarkan yakni panjang kartu 8,5 cm dan lebar 5,5 cm. Kemudian, jika ingin mencetak kartu vaksin harus mengunggah file sertifikat vaksin COVID-19. Kemudian, platform kedua dengan logo berwarna biru tosca menyediakan jasa kartu vaksin dalam jumlah banyak.

Dalam platform itu sudah otomatis minimal pemesanan sebanyak 50 pcs dengan harga Rp 9.000/pcs-nya. Dimensi atau besaran kartunya tertulis 9 x 6 x 1 cm. Cara memesannya pun harus melampirkan seluruh file sertifikat vaksin COVID-19 ke email yang dicantumkan di deskripsi.

“Spesifikasi: bahan PVC ID Card, cetak full color 2 sisi (tes 1 dan tes 2 dijadikan 1 kartu)” tulis deskripsi itu. (**)

Baca juga: Kemendag Awasi Jasa Layanan Cetak Kartu Vaksin Covid19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post