Ribuan Anak di Jakarta Terpapar Covid 19

waktu baca 2 menit
Foto: Swab covid 19 anak anak.

Berita nasional, gemasulawesi– Pemprov DKI menyebut ribuan anak di Jakarta  terpapar covid 19. Terbanyak pada rentang umur 5-18 tahun.

Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta di laman corona.jakarta.go.id, terdapat tiga golongan umur anak yang terpapar covid 19. Mulai dari umur di bawah 1 tahun, umur 1-4 tahun, dan umur 5-18 tahun.

“Masih cukup banyak kasus positif yang menjangkit anak,” ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam sebuah unggahannya di akun Instagram @arizapatria, Senin 5 Juli 2021.

Bahkan, pada Senin 5 Juli 2021 tercatat ada penambahan 1.673 kasus positif covid 19 pada anak usia 0-18 tahun di Jakarta.

“Sebanyak 1.673 anak usia 0-18 tahun positif covid 19, atau 15,35 persen dari yang positif covid 19 di DKI Jakarta adalah anak-anak kita,” kata Riza dalam unggahan di akun Instagram @arizapatria.

baca juga: RSUD Anutapura Stop Terima Pasien Covid 19

Jumlah kasus positif covid 19 pada anak usia 0-18 tahun di DKI Jakarta sampai dengan Senin 5 Juli 2021 setidaknya telah mencapai angka 74.992 orang.

Dari data diketahui bahwa mayoritas anak yang terpapar covid 19 di Jakarta berada pada rentang umur 5-18 tahun dengan 57.974 kasus.

Baca juga: Guru hingga Siswa Dapat Bantuan Internet PPKM Darurat

Kemudian, anak umur 1-4 tahun sejumlah 13.296 kasus, dan umur di bawah 1 tahun sebanyak 3.362 kasus.

Satgas covid 19 sebelumnya menyebutkan sejumlah faktor pemicu anak terpapar covid 19. Di antaranya yakni meningkatnya klaster keluarga.

Baca juga: Viral Chat Cabul kepada Penerima Vaksin di Boyolali

Pasalnya, klaster keluarga rentan terjadi karena masih ada orang tua yang bekerja di luar rumah. Ini menyebabkan peluang anak terpapar covid 19 lebih tinggi.

Selain itu, Satgas juga menyebut, penyebaran mutasi virus corona varian baru membuat anak rentan terpapar.

Baca juga: Tangkap Sindikat Narkoba Kota Palu, Polisi Amankan 2 Kg Sabu

Kementerian Kesehatan sebelumnya juga mengatakan mutasi virus SARS-CoV-2 varian Delta B.1617.2 menular enam kali lebih cepat dibanding varian Alfa B117.

Ia berpesan agar warga tetap berada di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca juga: Sulawesi Tengah Masuk Daftar Kota PPKM Mikro Ketat

Warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Untuk itu, kami kembali mengingatkan keluarga saya dan seluruh keluarga Jakarta untuk benar-benar tetap di rumah, rutin berjemur, konsumsi makanan bergizi, air putih, rajin ibadah, dan tetap bahagia,” tutupnya. (**)

Baca juga: Satu ASN Meninggal Terpapar Covid 19 di Poso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.