5 Tahapan Resep Tauco Medan Pedas dan Nikmat

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Tauco Medan

Kupas tuntas, gemasulawesi – Tauco, memang enak? Tentu saja, apalagi tauco khas Medan. Resep tauco medan kini juga banyak ditemukan di internet. Makanan khas Medan tersebut sangatlah cocok dinikmati bagi Anda yang suka makanan pedas.

Tauco Medan, Makanan Apa Itu?

Sebagian orang menganggap tauco ini sebagai bumbu, namun ada pula yang menyebutnya sebagai makanan. Tauco ini populer dari ujung Sumatra, seluruh Jawa, bahkan hingga Sulawesi. Namun, setiap daerah tersebut tentunya memiliki khasnya sendiri.

Tauco merupakan fermentasi kedelai yang rasa, tekstur, dan aromanya begitu khas. Sementara rasa tauco medan begitu populer karena sensasi pedasnya. Bahan utamanya berupa kedelai hitam atau kuning dengan tambahan berbagai tepung seperti terigu, tepung beras, atau tepung beras ketan.

Resep tauco medan dilengkapi pula dengan udang, tempe, dan tidak lupa tumisan cabai. Sebenarnya, tauco khas medan tersebut bukan berasal dari kota Medan tapi dari Cianjur, Jawa Barat. Hanya saja, sensasi pedasnya ala makanan Medan sehingga disebut demikian.

Resep Praktis Masak Tauco Medan

Butuh resep tauco medan? Jangan bingung, mari simak cara membuat tauco dengan penuh cita rasa medan lengkap dengan sensasi pedasnya berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Untuk bahan utamanya, tentu ada tauco sebanyak 2 sdm. Bahan tambahan lainnya seperti 1 batang tempe dipotong dadu, 2 iris tahu dipotong kecil, dan 10 butir telur puyuh sudah dikupas kulitnya. Jika ingin membuat tauco udang medan, bisa ditambahkan ¼ kg buah udang yang sudah dikupas.

Sementara bumbunya terdiri dari cabai merah, hijau, rawit masing-masing 10 buah, 2 buah tomat, 5 buah bawang merah, 3 buah bawang putih, 1 ruas jahe, 1 batang serai, 6 buah cabai merah, dan gula serta garam secukupnya. Untuk cabe diiris serong, sedangkan bawang diiris biasa.

Bahan tambahan tersebut bisa disesuaikan selera, jika ingin mencoba resep tahu tauco cabe hijau maka lebih banyak ditambahkan tahu dan cabai hijaunya. Adapun alat masak yang dibutuhkan di antaranya wajan atau teflon, spatula, baskom, pisau, talenan, dan lainnya.

Baca: Resep Coto Makassar Lezat dan Gurih

2. Tumis Bumbu

Panaskan minyak terlebih dahulu, bisa juga menggunakan margarin dan dicampur sedikit minyak. Berikutnya, masukkan semua cabai, bawang, serai yang sudah digeprek, dan jahe. Tumis semua bumbu hingga sedikit layu.

3. Masukkan Bahan Utama

Setelah itu, masukkan tauco dan berbagai bahan tambahan seperti potongan tempe, tahu, udang, dan telur puyuh. Tambahan sedikit air agar tidak terlalu kering. Jika suka santan, bisa pula ditambahkan santan secukupnya. Selanjutnya, tambah garam, gula, dan penyedap rasa.

4. Tunggu Hingga Matang

Sembari menunggu tauco medan tersebut matang, sebaiknya icip masakan untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum.

Jika Anda suka tauco udang pedas, bisa ditambahkan cabai lagi. Tapi, apabila suka yang manis dapat ditambahkan kecap secukupnya. Tidak lupa aduk-aduk agar semua bahan matang merata dan bumbunya meresap.

5. Sajikan Saat Hangat

Setelah kuah dalam tauco tersebut mendidih, artinya resep tauco medan tersebut sudah berhasil dibuat. Terakhir, sajikan tauco tersebut di atas piring atau mangkok.

Itulah info mengenai resep tauco medan yang dapat Anda ikuti. Tauco dengan cita rasa pedas khas medan tersebut memang sensasi pedasnya bisa menggoda lidah. Namun, tidak disarankan memakannya dalam porsi banyak terutama saat perut kosong. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Intip 10 Tempat Wisata di Medan Favorit yang Harus Kamu Kunjungi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.