Resep Tahu Sumedang Rumahan Mudah

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Tahu Sumedang

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Tahu adalah makanan yang berasal dari bahan dasar kedelai. Banyak sekali jenis tahu yang ada, salah satunya adalah tahu Sumedang. Banyak yang ingin mengetahui resep tahu Sumedang rumahan yang nikmat sekali.

Cita rasa yang khas serta lezat membuat tahu ini banyak digemari oleh masyarakat. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa membuat tahu Sumedang ini langsung dari rumah sendiri berikut caranya.

Cara Mudah Membuat Tahu Sumedang Di Rumah

Berikut ini cara membuat tahu Sumedang ala rumahan yang mudah.

Bahan Yang Perlu Disiapkan

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat tahu Sumedang ini di rumah.

Kedelai

Air dengan takaran 1 kg kedelai butuh 45 liter

Bahan penggumpal biang

Antibusa atau minyak kelapa sisa penggorengan

Pengawet

Minyak goreng

Bumbu dari campuran kemiri, bawang putih serta garam yang dihaluskan.

Ini merupakan apa bahan-bahan tahu sumedang yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan takaran yang telah disesuaikan. Karena jika tidak sesuai takaran, dikhawatirkan malah tidak akan jadi.

Cara Pembuatan Tahu Sumedang

Pertama, bersihkan kedelai dari kotoran terlebih dahulu. Bersihkan dari kerikil, pasir, kedelai pecah, berjamur, berlubang dan busuk. Kemudian rendam kedelai dalam air dengan perbandingan 1:2 selama 3-5 jam atau cukup 1-2 jam saja.

Setelah kedelai bersih, langsung tiriskan kedelai dan giling hingga menjadi bubur. Jika sudah, masukkan bubur kedelai kedalam air panas sambil terus dipanaskan. Dalam resep tahu Sumedang rumahan bisa tambahkan air dingin 3 ml atau minyak goreng untuk mengatasi timbulnya busa.

Rebus bubur hingga matang atau berwarna kuning pucat. Setelahnya angkat dan saring bubur kedelai. Apabila sudah maka selanjutnya adalah penggumpalan dan pengendapan tahu.

Pertama, tambahkan larutan biang kedalam sari kedelai yang masih panas, sebanyak 4 ml. Aduk hingga rata dengan arah yang tidak berubah, hingga membentuk endapan atau menggumpal. Lalu diamkan hingga gumpalan turun dan mengendap di dasar penyaringan.

Apa bedanya tahu sumedang dengan tahu biasa? Dari bahan penggumpalannya. Apabila tahu biasa menggumpalkannya dengan asam cuka, jika tahu sumedang ini dicampurkan dengan garam khusus.

Kemudian selanjutnya adalah pencetakan dan pengepresan. Pertama, hancurkan gumpalan sari kedelai dengan cara diaduk searah dengan perlahan. Masukkan gumpalan kedalam cetakan yang sudah diberikan alas kain saring halus. Lalu tutup dengan papan dan diberi pemberat.

Apabila sudah padat langsung saja di potong. Jika sudah maka langsung rendam kedalam bumbu resep tahu Sumedang rumahan yang sebelumnya telah dibuat, selama 5-10 menit.

Resep Olahan Tahu Sumedang Yang Nikmat

Karena ciri khas tahu sumedang yang krispi diluar lembut di dalam. Maka cocok dibuat berbagai jenis olahan, apa saja itu?

  1. Tahu Gejrot

Untuk resep pertama, tahu Sumedang bisa dijadikan tahu gejrot. Cuci bersih tahu, lalu goreng dan potong-potong. Selanjutnya haluskan bawang merah, cabai, gula pasir, garam. Lalu berikan cairan gula jawa yang telah dicampur asam dan guyur ke tahu yang telah dipotong-potong tadi.

  1. Tahu Walik

Siapkan tahu sumedang lalu dibelah ambil sedikit isinya dan dibalik. Campur tapioka, terigu, bawang putih, garam, penyedap rasa serta daun bawang. Aduk lalu masukkan air panas sedikit demi sedikit. Masukkan adonan kedalam tahu lalu goreng hingga krispi.

Itulah tadi resep tahu Sumedang rumahan yang bisa dicoba. Resep tersebut tentunya anti gagal, apabila sesuai takarannya dengan resep yang diberikan. Jika sudah jadi jangan lupa untuk diolah menjadi tahu Sumedang yang lezat. (*/Ikh)

Baca: Resep Cemoe Ponorogo Anti Gagal, Kamu Wajib Tahu!

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.