Resep Tahu Kikil Probolinggo Enak dan Sedap

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Tahu Kikil Probolinggo

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Mencoba makanan enak dan sedap tentunya adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama untuk pecinta kuliner. Ada salah satu resep makanan Kota Probolinggo yang wajib Anda coba, yaitu resep tahu kikil probolinggo.

Tahu kikil probolinggo ini hampir sama dengan tahu campur probolinggo. Hanya saja, seperti namanya, ada campuran kikil dalam makanan ini. Lalu karena bumbunya menggunakan petis, maka resepnya pun hampir sama dengan resep tahu kikil petis pada umumnya.

Resep Tahu Kikil Probolinggo

Jika Anda tertarik untuk mencobanya di rumah, berikut adalah resep sederhananya:

  1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam resep tahu kikil probolinggo:

  • 500 gram kikil sapi
  • 10 buah tahu yang sudah digoreng
  • Bumbu petis
  • Sayuran berupa selada
  • Perkedel yang terbuat dari singkong atau disebut juga lentho
  • Kerupuk udang
  • Tauge
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kecap
  • Garam
  • Gula
  • Cabai
  • Sereh
  • Air

Lalu agar rasanya lebih nikmat, Anda juga bisa menyediakan bakso kikil probolinggo dan juga lontong untuk ditambahkan sesuai selera.

  1. Buat Sambal Petisnya

Setelah semua bahannya sudah siap, saatnya untuk membuat sambal petisnya. Caranya, haluskan cabai lalu campur dengan bumbu petis, air, dan kecap. Aduk bumbu-bumbu tersebut hingga rata kemudian sisihkan.

  1. Masak Kuahnya

Rebus kikil sapi hingga mendidih dan keluar kaldunya. Kemudian di wadah lain, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan bersama sereh yang sudah digeprek hingga harum. Jika sudah, pindahkan kikil sapinya ke dalam tumisan dan aduk hingga rata.

Setelah itu, masukkan tumisan tersebut ke dalam air kaldu yang masih direbus tadi. Aduk sampai rata. Kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya. Periksa rasanya. Apabila sudah pas, tinggal masak saja sampai matang lalu angkat.

  1. Sajikan Tahu Kikil Probolinggonya

Taruh satu sendok teh sambal petis yang sudah dibuat tadi di piring. Iris lontong dan tahu gorengnya lalu masukkan ke dalam piring. Masukkan pula selada, tauge, dan bakso kikil sebagai campurannya. Siram dengan kuah yang masih panas kemudian sajikan.

Kandungan Gizi dalam Tahu Kikil Probolinggo

Sebagaimana yang diketahui banyak orang, kalori tahu campur kikil memang cukup banyak. Namun selain itu, tahu kikil juga mengandung berbagai gizi yang diperlukan oleh tubuh. Berikut di antaranya:

  1. Kalsium dan Protein Hewani

Pada kikil sapi, terdapat banyak kalsium dan protein hewani. Keduanya dapat membantu proses pertumbuhan sel-sel dalam tubuh serta menjaga tulang tetap kuat. Kandungan protein hewani dan kalsium di tahu kikil probolinggo juga bisa mencegah osteoporosis.

  1. Kolagen

Makanan tahu kikil probolinggo ini juga mengandung kolagen yang bagus untuk kulit. Kandungan kolagen dalam kikil sapi bersama keratin dan elastin dapat berfungsi membentuk struktur pada jaringan kulit untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

  1. Asam Amino

Tahu kikil probolinggo juga mengandung asam amino. Kandungan ini juga dibutuhkan oleh tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa sebenarnya kandungan asam amino dalam makanan ini cukup tinggi dan ditambah dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi pula.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi tahu kikil probolinggo dengan jumlah yang wajar saja sehingga tetap aman bagi tubuh.

Penutup

Itulah tadi resep tahu kikil probolinggo dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Bagi Anda yang suka jajan, makanan yang satu ini dijamin bisa memuaskan nafsu makan Anda. Jadi, selamat mencoba! (*/Ikh)

Baca: 5 Tahapan Resep Tauco Medan Pedas dan Nikmat

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.