Resep Serabi Solo Mudah Anti Gagal

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Serabi Solo

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Siapa yang tidak mengenal dengan jajanan serabi. Makanan berbahan dasar tepung beras lalu diberi siraman kuah kental nan legit. Siapapun akan setuju dengan kenikmatan kue serabi. Lalu seperti apa resep serabi Solo yang mudah dan anti ribet?

Untuk membuat jajanan yang satu ini, harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat serabi Solo? Simak bahan-bahannya berikut ini.

Resep Membuat Serabi Solo Yang Enak Dan Lembut

Ini dia resep serabi solo anti gagal yang nikmat dan lembut.

Persiapan Bahan-Bahan Untuk Serabinya

  • 225 gr tepung beras
  • 2 sdm terigu
  • 2 sdm tapioka
  • 1 sdt ragi instan
  • ½ sendok teh garam
  • 110 gr gula pasir
  • 680 ml santan
  • 1 butir telur lalu kocok lepas
  • 1 lembar daun pandan

Persiapan Bahan Untuk Areh Atau Kuah Serabi

  • 250 ml santan kental
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

Rebus santan kental, garam dan 1 lembar daun pandan secara bersamaan. Aduk hingga mendidih dan santan mengental, lalu sisihkan.

Baca: Resep Mangut Semarang Enak Dan Mudah

Cara Membuat Serabi Solo Yang Nikmat

Membuat Serabi Solo Simple

Untuk resep yang pertama, rebus santan terlebih dahulu dengan diberi garam dan daun pandan. Rebus hingga mendidih, lalu biarkan santan sampai hangat-hangat kuku. Setelah itu siapkan wadah kering lalu campurkan tepung beras, gula pasir, ragi instan serta garam.

Setelah itu masukkan telur lalu tuang santan hangat tadi sedikit demi sedikit, sambil dikocok. Kocok serabi Solo tepung beras dengan menggunakan whisker hingga berbuih. Jika sudah, maka bisa diamkan adonan atau istirahatkan adonan selama 1 jam.

Jika sudah maka bisa siapkan gentong kecil yang dikhususkan untuk membuat serabi solo. Namun jika tidak ada, bisa coba gunakan resep serabi solo teflon kecil yang khusus untuk menggoreng telur. Panaskan terlebih dahulu tempat untuk memasak serabi tersebut.

Kemudian tuangkan 1,5 sendok sayur adonan kedalam cetakan yang sudah panas. Setelahnya tekan adonan dengan sendok sayur pada bagian tengah. Kemudian gerakkan sendok sayur memutar hingga membentuk kulit tipis di bagian tepinya.

Tutup wajan lalu biarkan serabi mengembang dan berpori. Jika dirasa telah matang, angkat serabi lalu siram areh atau kuahnya. Dapat juga ditambahkan topping sesuai selera.

Cara Membuat Serabi Solo Gulung

Untuk resep serabi Solo gulung, bahannya masih sama. Campurkan gula pasir, ragi instan, sedikit garam dan tepung beras lalu kocok dengan menggunakan rebusan santan yang telah dingin. Tuangkan santan sedikit demi sedikit lalu diamkan selama satu jam.

Sambil menunggu adonan bisa coba buat kuah kentalnya atau areh. Pertama, rebus santan, daun pandan dan berikan sejumput garam. Aduk santan hingga mengental lalu sisihkan dan didiamkan.

Jika serabi telah didiamkan selama satu jam. Langsung panaskan teflon atau wajah besi. Kemudian tuangkan adonan dari resep serabi solo simple, lalu lebarkan adonan dengan sendok sayur.

Masak serabi hingga adonan berlubang atau berpori, bisa juga taburkan topping ke atas adonan. Tutup wajan lalu tunggu hingga matang. Apabila sudah maka bisa langsung mengoleskan areh ke atas serabi lalu tutup kembali hingga areh meresap.

Jika serabi telah matang bisa langsung letakkan serabi ke atas daun pisang dan gulung. Gulung serabi dengan daun pisang lalu lapisi plastik. Serabi solo kuah gulung siap disajikan.

Itulah tadi resep serabi Solo yang enak dan lezat. Mulai dari serabi solo simple hingga serabi gulung yang unik. Dinikmati secara santai bersama kopi atau teh kesukaanmu. (*/Ikh)

Baca: Tim Fahmil Qur’an Parigi Moutong Tembus Final di MTQ Banggai

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.