Resep Semur Jengkol Khas Dari Sunda

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Semur Jengkol

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Tidak hanya dikenal sebagai sajian khas Betawi, nyatanya semur jengkol juga menjadi olahan khas di Sunda, loh. Resep semur jengkol Sunda yang membedakan dengan Betawi adalah terletak pada susunan rempah. Penggunaan santan juga menjadi salah satu perbedaan kedua daerah tadi.

Kelemahan olahan jengkol ialah waktu memasak yang cukup panjang. Tidak hanya itu, bau jengkol sering kali menjadi masalah utama dalam mengolah bahan utama ini. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati asal dengan proses pemasakan yang benar dan takaran yang tepat.

Bahan dan Proses Pembuatan Semur Jengkol Sunda

Untuk membuat resep semur jengkol Sunda kamu menyiapkan bahan yang diperlukan. Selain jengkol yang merupakan bahan utamanya, terdapat pula bumbu, serta rempah khas Indonesia yang menjadi penyempurna semur jengkol. Berikut bahan pembuatan sajian primadona satu ini.

Baca: Resep Kupat Tahu Pacitan, Makanan Lezat Patut Dicoba!

  • 400-500 gram jengkol
  • 6 siung bawang merah, iris halus
  • 2cm lengkuas yang sudah dimemarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 3 batang serai yang sudah dimemarkan
  • Secukupnya kecap manis, sebagai takaran gunakan sendok makan
  • Secukupnya garam, sebagai takaran gunakan sendok teh
  • Secukupnya lada bubuk, sebagai takaran gunakan sendok teh
  • Pala bubuk dengan takaran sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Selain bahan yang sudah tertera di atas, olahan jengkol yang disemur juga terdapat bumbu halus. Gunakan 6 buah bawang merah dan 3 buah bawang putih, serta paling tidak 5 buah cabai keriting. Kamu bisa langsung menghaluskan ketiga bumbu tersebut sebelum mengolah jengkol.

Proses Pembuatan Jengkol Semur

Setelah bahan dan resep semur jengkol Sunda sudah tersedia, pastikan semua bahan dalam keadaan bersih dan cuci dengan air mengalir. Berikut proses pembuatan jengkol semur Sunda.

  1. Olah Jengkol Terlebih Dahulu

Untuk mendapatkan tingkat keempukan jengkol yang sempurna, kamu perlu mengolah jengkol selama tiga hari sebelumnya. Kamu perlu merendam jengkol selama 3 hari dan ganti air setiap hari. Lalu masak jengkol selama 15 menit hingga mendidih, tiriskan, dan jengkol siap diolah.

  1. Masak Bumbu Halus dan Rempah

Panaskan beberapa sendok minyak untuk menumis bumbu halus yang sudah disiapkan. Jangan lupa masukkan semua rempah, seperti serai dan lengkuas, serta bawang merah yang sudah diiris halus. Tumis bumbu dan rempah tersebut hingga harum dan semua bahan tercampur sempurna.

  1. Masukkan Bahan Utama

Langkah selanjutnya masukkan jengkol agar tercampur rata dengan bumbu halus. Masukkan air sedikit demi sedikit dan masak jengkol, beserta bumbu yang sudah ditumis pada api sedang. Masak semua bahan hingga mendidih dan jengkol benar-benar matang dan teksturnya sesuai.

  1. Masukkan Santan Kental

Setelah mendidih, kamu bisa menambahkan santan kental perlahan, lalu tambahkan pula kecap manis, garam, lada bubuk, dan pala bubuk sesuai selera, ya. Aduk semua bahan dan masak hingga mengental. Jika kamu suka semur yang kering, maka masak hingga bumbu agak kering.

Itu tadi resep semur jengkol Sunda yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Merendam jengkol dengan air selama tiga hari dimaksudkan untuk sedikit mengurangi bau menyengat pada jengkol itu sendiri. Hal itu dapat dilakukan dengan menambahkan larutan kopi ke dalam air rendaman.

Jika kamu suka makanan yang pedas, kamu bisa juga menambahkan sedikit cabai pada olahan jengkol yang sudah kamu buat. Tetapi jika kamu lebih suka masakan manis, ada baiknya tambahkan kecap manis sedikit lebih banyak dan sedikit masak hingga kering. Selamat mencoba. (*/Ikh)

Baca: Resep Sate Ponorogo Favorit Banyak Orang

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.