Resep Sate Ponorogo Favorit Banyak Orang

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Sate Ponorogo (Ist)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Ponorogo tak hanya terkenal dengan kesenian reognya, namun kulinernya juga tak kalah terkenal. Salah satu kuliner yang paling terkenal adalah sate ayam Ponorogo. Sekarang banyak resep sate Ponorogo ini bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Resep Sate Ponorogo

Sate ayam Ponorogo memiliki ciri khas ayamnya dipotong Panjang dan direndam bumbu sebelum dibakar. Nah karena potongan daging yang Panjang ini makan sate Ponorogo jadi menyenangkan.

Makan sate ini lebih enak dengan lontong, bumbu kacang, sambal, dan taburan bawang goreng. Nah sekarang kamu bisa buat sate ayam ini di rumah. Berikut resep sate Ponorogo yang mudah dan anti gagal:

1. Bahan-bahan

Seperti biasa, jika kamu ingin membuat masakan, siapkan dulu bahan-bahannya. Bahannya dibagi menjadi bahan utama, bumbu marinasi, bumbu oles sate dan bumbu saus kacang. Bahan utamanya yaitu 500gr ayam kampung (ambil dagingnya), lontong, bawang goreng.

Selanjutnya siapkan bumbu marinasi yang terdiri dari 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri (sangrai), 1 cm lengkuas, ½ sdt ketumbar butir (haluskan), ¼ sdt jintan, ¼ sdt gula merah, dan 1 ¼ sdt garam.

Baca: Resep Miso Medan Dengan Kuah Sedap

Untuk bumbu celupan satenya siapkan 4 sdm minyak ayam (100 gr kulit ayam, masak dengan api kecil), 4 sdm kecap manis, 1 sdm gula merah. Lalu siapkan juga bumbu untuk saus kacang yakni 100 gr kacang tanah (goreng).

Siapkan juga 1 sdt garam, 3 buah cabai merah keriting, 300 ml air, 2 butir kemiri (sangrai),  dt gula merah, dan 1 siung bawang putih.

Baca: Resep Tahu Sumedang Rumahan Mudah

2. Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan, mari kita mulai membuatnya. Cara membuat yang pertama iris daging ayam dan potong berukuran Panjang (3x3x1/2 cm). Haluskan rendaman bumbu lalu lumuri seluruh permukaan daging, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai 1 jam.

Selanjutnya daging ayam tersebut masukkan kedalam tusuk sate, sisihkan. Setelah itu buat bumbu olesan sate dengan aduk rata minyak ayam, kecap manis, dan gula merah. Langkah selanjutnya celupkan sate ke dalam bumbu olesan/celupan hingga merata.

Jika sudah, siapkan alat untuk membakar sate, lalu bakar sate ayam. Sesekali balur daging dengan sisa bumbu olesan. Jika sudah matang angkat. Selanjutnya siapkan bahan saus kacang, yakni dengan cara haluskan kacang, kemiri, dan cabai merah keriting.

Baca: Resep Pudak Gresik Legit Mudah Dibuat

Lalu siapkan panic kecil, masukkan air, garam, gula merah dan kacang yang sudah dihaluskan tersebut. masak saos hingga mengental, angkat. Siram sate dengan saus kacang ini, lalu taburi bawang merah goreng diatasnya. Resep sate Ponorogo ini siap disajikan.

3. Tips Membuat Sate Ponorogo

Membuat sate ayam ponorogo ini memang mudah, namun kamu perlu tahu tips memasak agar masakan kamu lebih enak dan lezat. Diantaranya adalah pilih daging ayam fillet ata daging paha.

Hal ini dikarenakan sate ini tidak diselipi banyak lemak dan daging ayam bisa dipotong agar besar dan Panjang. Tips selanjutnya yakni untuk kamu yang suka rasa manis, kamu bisa saat membakar mengolesi dengan margarin cair yang diaduk dengan sedikit kecap manis.

Baca: Resep Mie Kopyok Jember: Endezz!

Penutup

Itulah tadi resep sate Ponorogo yang bisa kamu buat dari rumah. Jadi sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke Ponorogo untuk merasakan sate ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi memasak untuk kamu. Semoga bermanfaat. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.