Resep Sate Maranggi Yang Lezat, Sangat Mudah!

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Sate maranggi

Kupas tuntas, gemasulawesi – Indonesia memang terkenal dengan surganya para pecinta kuliner. Berbagai macam jenis makanan khas tersedia dengan keunikannya masing-masing. Seperti contohnya yaitu, sate maranggi. Apakah anda pernah makan sate maranggi? Apa saja resep sate maranggi?

Untuk mengetahui lebih jauh terkait sate maranggi dan bagaimana resep serta cara membuatnya. Hal ini akan kami bahas di bawah ini, oleh karena itu, stay tuned!

Serba-serbi tentang Sate Maranggi

Sate Maranggi, Ketika mendengar nama makanan yang satu ini, mungkin kebanyakan orang akan langsung memikirkan kota Purwakarta. Ya, makanan yang berasal dari olahan daging kambing atau sapi ini memang merupakan salah satu kuliner paling terkenal khas Purwakarta.

Jika anda mengunjungi kota tersebut, maka anda akan banyak menjumpai warung makan atau restoran yang menyediakan menu andalan mereka, yakni sate maranggi. Bahkan mungkin anda akan sangat mudah menemukan rumah makan sate maranggi terdekat dari penginapan anda.

Istilah kata maranggi dalam bahasa sunda ini memiliki arti petukangan atau seorang ahli pembuat keris. Sedangkan dalam sejarahnya, usut punya usut makanan ini dulunya bukanlah berasal dari tanah sunda asli lho kawan.

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

Sate maranggi sendiri konon dibawa oleh para pendatang suku tionghoa yang kemudian bermukim di wilayah Sunda.

Sate maranggi itu daging babi? Ya, awalnya makanan ini memang berasal dari daging babi, namun setelah mengalami proses akulturasi dengan kebudayaan sunda, digantilah bahan dasarnya dengan daging sapi atau kambing.

Jadi sekarang, jika ada orang bertanya sate maranggi daging apa? Jawab yang benar ya kawan. Eitss, tapi walaupun bahan utamanya sudah diganti, resep sate maranggi dan proses pembuatannya tetap sama ya kawan. Jadi dapat dipastikan rasanya juga tidak kaleng-kaleng.

Nah, jika anda kepo dan penasaran bagaimana cara membuat sate maranggi Purwakarta. Berikut ini akan kami berikan resep sate maranggi empuk dan maknyusss!! Check it out!

Baca: Resep Makanan Rumahan Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Sate Maranggi

Cara membuat sate maranggi purwakarta.

Bahan:

  • 250 gram daging kambing/ sapi
  • 3 sdm nanas (sudah diparut)
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Jahe (secukupnya)
  • Lengkuas (secukupnya)
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm gula merah
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm kecap manis

Cara membuat:

  1. Lumuri daging yang sudah anda siapkan dengan nanas parut secara merata. Jika sudah, potong kecil-kecil daging tersebut sesuai selera.
  2. Haluskan bumbu yang lainnya serta tambahkan gula merah dan garam.
  3. Jika bumbu sudah halus, campurkan dengan daging yang sudah di potong-potong tadi. Jangan lupa juga untuk menambahkan kecap manis.
  4. Diamkan beberapa menit agar bumbu menyerap dan tercampur dengan sempurna. Selanjutnya, anda bisa menusukkan daging tersebut ke tusukan sate.
  5. Terakhir, anda tinggal membakar sate tersebut hingga tingkat kematangan yang anda inginkan.
  6. Agar lebih afdol, anda bisa menambahkan sambal kecap dan sambal oncom sebagai saus pelengkap.
  7. Dan sate maranggi pun siap dinikmati.

Bagaimana kawan? Sangat mudah bukan membuat olahan sate maranggi. Dan untuk saus pelengkap, jika anda tidak suka sambal kecap atau sambal oncom, anda juga bisa lho menggantinya dengan sambal kacang.

Baca: Bikin Ngiler! Berikut 12 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

Penutup

Demikianlah bahasan singkat seputar sate maranggi serta resep sate maranggi. Karena prosesnya yang tergolong simpel, anda bisa dengan mudah mencobanya di rumah. Semoga membantu dan selamat mencoba! (*)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.