Resep Sambal Lamongan Lezat dan Bikin Ketagihan

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Sambal Lamongan

Kupas tuntas, gemasulawesi – Sambal Lamongan menjadi salah satu pendamping makanan yang banyak digemari masyarakat. Biasanya sambal ini disantap dengan ayam goreng atau lele goreng. Nah karena banyak penggemarnya jadi banyak resep sambal lamongan yang bisa kamu buat nih.

3 Resep Sambal Lamongan Anti Gagal

Ciri khas sambal Lamongan ini memiliki rasa pedas manis, dan menggugah selera. Lebih lezat lagi jika ditambahkan terasi. Kamu bisa mengkreasikan sambal lamongan ini dengan resep sambal lamongan dibawah ini:

1. Sambal Lamongan Pecel Lele

Sebelum membuat sambal lamongan pecel lele, kamu harus menyiapkan bahan-bahan ini dulu, diantaranya untuk pecel lele siapkan 1 kg lele bersihkan dengan air jeruk nipis rendam 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Lalu siapkan bumbu halus untuk lele yakni 2 ruas kunyit, 2 batang sereh, 5 cm lengkuas, 3 butir kemiri, 1 sdm ketumbar, 3 siung bawang putih, dan garam secukupnya. Jika sudah tersedia semua haluskan bumbu halus dan masukkan ke dalam lele, aduk rata, diamkan 3 jam di dalam kulkas.

Jika sudah 3 jam, panaskan minyak, lalu goreng lele sampai garing dan matang. Angkat tiriskan, pecel lele sudah siap. Nah sekarang siapkan bahan-bahan untuk sambal lamongannya yakni 12 cabai rawit merah, 8 cabai keriting merah, 2 tomat, 10 bawang merah, 3 bawang putih.

Baca: 20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Itu tadi semua goreng sebentar. Selanjutnya siapkan 2 sdm kacang tanah yang sudah di goreng, ½ keeping gula merah, 1 sdt terasi sangrai dan garam secukupnya. Jika sudah siap semua lakukan Langkah-langkah ini.

Pertama masukkan kacang tanah ke dalam chopper, giling halus. Selanjutnya masukkan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, gula merah, terasi, dan garam secukupnya, lalu giling dengan chopper sampai tingkat kehalusan sesuai selera.

Baca: Jadi Kurir Sabu, Petani Asal Pinrang Ditangkap Polisi

2. Sambal Lamongan Tanpa Terasi

Untuk kamu yang tidak suka terasi, ada juga resep sambal lamongan tanpa terasi lho. Siapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu, diantaranya 10 cabai merah, 10 cabai merah keriting, 1 buah tomat, 3 siung bawang putih, 3 butir bawang merah.

Selain itu siapkan juga 2 sdm wijen yang telah disangrai atau 3 sdm minyak wijen, ½ sdt garam, ½ sdt gula. Jeruk nipis, dan minyak goreng. Jika semua bahan sudah siap lalu kamu siap membuat sambal lamongan.

Baca: Resep Makanan Kekinian untuk Jualan Dijamin Untung Banyak

Pertama panaskan minyak lalu masukkan cabai rawit merah, cabai merah keriting, bawang putih dan bawang merah goreng sampai layu lalu tiriskan. Selanjutnya pindahkan bahan tadi ke ulekan, tambahkan wijen, garam, dan gula lalu ulek sampai halus. Terakhir tambahkan jeruk nipis.

3. Sambal Lamongan Terasi Bakar

Resep selanjutnya adalah sambal lamongan dengan terasi bakar. Siapkan 10 cabai rawit, 1 buah tomat, 1 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1 sdm terasi bakar, galam dan gula secukupnya, serta minyak secukupnya.

Jika sudah siap semua pertama goreng cabai, tomat, dan bawang sampai layu. Selanjutnya ulek bahan tadi sampai halus tambah gula dan garam secukupnya. sambal lamongan siap disantap dengan ikan goreng atau terong goreng

Penutup

Itulah tadi beberapa resep sambal lamongan yang bisa kamu coba. Resep sederhana yang bisa kamu coba di rumah jadi tidak perlu ke lamongan untuk makan sambel lamongan ini. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Wisata Bahari Lamongan, Habiskan Waktu Liburan Akhir Pekanmu Di Sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.