Resep Sambal Dabu Dabu Khas Manado

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Sambal Dabu Dabu Khas Manado

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Sambal dabu dabu adalah salah satu sambal khas dari Manado dan menjadi pelengkap makanan utama di sana. Bentuknya yang mirip sambal matah, seringkali membuat banyak orang berpikir bahwa keduanya sama. Faktanya resep sambal dabu dabu dan sambal matah masih ada bedanya.

Perbedaan dabu dabu dan matah ialah adanya tomat dan jeruk yang digunakan pada keduanya. Dabu dabu memakai jeruk nipis, sedangkan matah memakai jeruk limau. Bagi kamu yang menyukai sambal dabu dabu khas Manado, berikut bahan dan cara pembuatan sambalnya.

Bahan Pembuatan Sambal Dabu Dabu Khas Manado

Berbeda dengan sambal matah, resep sambal dabu dabu menambahkan tomat sebagai tambahan. Tomat membuat dabu dabu semakin segar dan beradu dengan asamnya jeruk nipis. Meski begitu rasanya pun tetap enak dan lezat, serta cocok dimakan sebagai pendamping makanan apa pun.

Baca: Tim Fahmil Qur’an Parigi Moutong Tembus Final di MTQ Banggai

Berikut bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat sajian sambal Manado, dabu dabu.

  • Cabai rawit sebanyak 8 buah
  • 3 butir bawang merah
  • Tomat hijau dan tomat merah, masing-masing 1 buah
  • Daun kemangi sebanyak 1 tangkai
  • Minyak goreng secukupnya saja, paling tidak kamu perlu 6 sdm
  • Garam secukupnya, gunakan sendok teh sebagai takaran
  • Kaldu jamur secukupnya, gunakan sendok teh sebagai takaran
  • Air jeruk nipis atau air jeruk limau secukupnya

Meski sambal dabu dabu dikenal sebagai sambal yang menggunakan air perasan jeruk nipis, namun kamu juga bisa menggantinya dengan jeruk limau, layaknya sambal matah. Gunakan sesuai selera dan gunakan takaran yang secukupnya saja agar sambal tidak terlalu asam nantinya.

Proses Pembuatan Sambal Dabu Dabu Manado

Setelah menyiapkan semua bahan yang ada pada resep sambal dabu dabu, mari kita ikuti bagaimana proses pembuatan sambal dabu dabu berikut ini.

  1. Iris Semua Bahan

Langkah pertama dalam membuat dabu dabu, iris dulu semua bahan, seperti cabai rawit, tomat, dan bawang. Agar dabu dabu semakin terasa pada sambal yang sedang kamu buat, maka iris kasar saja semua bahan yang sudah disebutkan di awal karena memang sambalnya seperti itu.

  1. Campurkan Semua Bahan

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah diiris secara kasar, maka campurkan semua bahan dengan bumbu bubuknya. Tambahkan secukupnya garam dan kaldu jamur sesuai dengan selera. Untuk mengurangi rasa yang berlebihan, tuangkan bumbu bubuk perlahan, sedikit demi sedikit.

  1. Campurkan Dengan Minyak Panas

Langkah selanjutnya panaskan minyak secukupnya, sesuaikan dengan seberapa banyak bahan yang kamu gunakan. Jika sudah dirasa panas, kamu bisa menuangkan minyak tersebut ke bahan yang sudah dicampur dengan bumbu dan aduk bersama dengan minyak hingga tercampur rata.

  1. Penambahan Bahan Pelengkap

Agar sambal dabu dabu semakin sedap, tambahkan daun kemangi dan air perasan jeruk nipis atau jeruk limau. Fungsi kemangi sendiri dipakai sebagai penambah aroma dan air perasan jeruk nipis atau pun limau digunakan untuk menambahkan rasa asam pada sambal dabu dabu tersebut.

Itu tadi bahan dan juga resep sambal dabu dabu yang bisa kamu ikuti untuk kamu nikmati di rumah bersama keluarga. Gunakan bahan-bahan yang segar agar rasanya pun ikut lezat. Sambal satu ini cocok dimakan dengan lauk apa pun, sehingga sudah pasti ada di masakan dari Manado.

Bahkan mungkin sebagian masyarakat Manado kerap kali memakan dabu dabu hanya dengan nasi hangat. Jika kamu yang terbiasa dengan sambal bawang yang ada di Jawa, mungkin akan sedikit aneh ketika melihat dabu dabu. Tapi soal rasa tidak perlu ragu loh, yuk cobain! (*/Ikh)

Baca: Pengembangan Kakao dan Kopi Jadi Komoditas Unggulan di Sigi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.