Resep Olahan Khas Jawa Tengah, Bandeng Serani Jepara

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Bandeng Serani Jepara

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Jepara merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah dan terkenal akan makanan khasnya yang lezat, salah satunya Bandeng Serani. Bagi kamu yang merupakan warga Jepara tentu sudah hafal betul resep Bandeng Serani Jepara, beserta langkah pembuatan makanan khas tersebut.

Meski makanan satu ini merupakan olahan khas ikan bandeng, namun kamu juga bisa memakai ikan lainnya, seperti pindang atau kakap. Untuk itu mari kita resep dan cara membuat olahan Bandeng Serani Jepara yang banyak disukai oleh masyarakat sekitar dan turis mancanegara.

Bahan Pembuatan Bandeng Serani Jepara

Bagi kamu yang tertarik membuat olahan Bandeng Serani, berikut resep Bandeng Serani Jepara yang bisa kamu jumpai di pasar dengan mudah.

  • 2 ekor ikan nila atau ikan bandeng yang sudah diiris menjadi 4 bagian. Untuk ikan tidak harus menggunakan ikan bandeng, ya
  • Daun kemangi sebanyak 4 batang
  • 4 buah tomat dan iris menjadi 4 bagian tiap buahnya
  • 1 buah serai, geprek sedikit
  • Lengkuas sebanyak 3cm
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • 5 butir bawang merah dan 3 butir bawang putih, cincang halus
  • Kunyit sebanyak 2cm
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Sebagai pelengkap, jangan lupa siapkan bumbu-bumbu dasar, seperti garam, lada bubuk, dan gula merah. Siapkan pula takaran sendok teh atau pun sendok makan. Dan jangan lupa jika kamu menyukai makanan bercita rasa pedas, kamu bisa juga menambahkan cabai sesuai selera.

Langkah Membuat dan Memasak Olahan Bandeng Serani Jepara

Sebelum membuat olahan Bandeng Serani, pastikan resep Bandeng Serani Jepara, beserta bahan sudah kamu siapkan. Pastikan pula untuk selalu mencuci semua bahan sebelum dipotong, ya. Berikut ini langkah memasak makanan bandeng khas Jepara satu ini.

  1. Marinasi Ikan Terlebih Dahulu

Agar ikan terhindar dari bau amis dan tetap pada kondisi yang segar, pastikan mendiamkan ikan selama beberapa menit dengan menggunakan jeruk nipis. Bersihkan ikan yang akan kamu olah menjadi serani, dan diamkan bersama air perasan jeruk nipis sebelumnya selama 5-10 menit.

  1. Tumis Bumbu Halusnya

Langkah berikutnya, masukkan semua bumbu halus yang ada dalam resep Bandeng Serani Jepara. Bumbu tersebut adalah bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, serai, dan lainnya. Tumis hingga semua bahan mengeluarkan aroma khas dan sedikit layu.

  1. Masukkan Air Secukupnya

Setelah tumisan bumbu halus tadi beraroma wangi dan tampak layu, masukkan sedikit demi sedikit air. Karena olahan Bandeng Serani merupakan masakan berkuah, maka kamu bisa menuangkan air sedikit lebih banyak dan mempermudah ikan menyerap bumbunya.

  1. Masukkan Bahan Utama

Jika air kuahnya sudah nampak mendidih, masukkan ikan dan juga bahan pelengkap. Untuk menambah rasa gurih, kamu bisa menambahkan garam, gula Jawa, atau bahan pelengkap lainnya sesuai selera hingga rasanya pas. Masukkan pula cabe rawit jika kamu ingin sedikit rasa pedas.

Itu tadi resep Bandeng Serani Jepara lengkap dengan proses pembuatannya. Sebelum itu, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum memasak resep ini, loh. Sesuai dengan yang sudah tertulis di atas, kamu tidak harus menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utama di dalamnya.

Selain itu, mengingat Indonesia merupakan negara yang penduduknya suka makanan pedas, kamu juga bisa menambahkan sedikit cabe rawit untuk menciptakan rasa pedas tersebut. Jangan lupa pula untuk menyajikannya selagi hangat ya, apalagi saat cuaca dingin. Selamat mencoba! (*/Ikh)

Baca: Resep Cemoe Ponorogo Anti Gagal, Kamu Wajib Tahu!

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.