Resep Nasi Bakar Teri Medan yang Lezat dan Gurih

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Nasi Bakar Teri

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Indonesia memang menjadi salah satu surganya makanan lezat. Nasi bakar merupakan salah satu sajian yang mungkin memiliki banyak jenis dari berbagai daerah di Indonesia. Lalu salah satu resep nasi bakar sederhana yang sering ditemui adalah resep nasi bakar teri.

Nasi bakar teri biasanya sangat khas dengan aromanya yang wangi. Aroma wangi tersebut berasal dari daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus nasinya. Ketika bungkus dari daun pisangnya dibuka, maka akan tersebar aroma nikmat yang sangat menggugah selera.

Selain itu, makanan tradisional ini juga memiliki rasa yang enak dan gurih. Bumbunya yang kaya akan rempah-rempah tentu akan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Jadi, nasi bakar teri juga bisa menjadi resep nasi bakar untuk jualan yang layak untuk dicoba.

Resep Nasi Bakar Teri Medan

Baca: Bersihkan Sisa Banjir Torue, BPBD Turunkan Enam Alat Berat

Salah satu jenis teri yang bisa dipakai dalam nasi bakar teri adalah teri medan. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat nasi bakar teri medan, silahkan ikuti resepnya berikut ini di rumah:

  1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat nasi bakar teri medan, Anda tentunya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Nasi putih matang untuk dua porsi
  • 2 ons ikan asin teri medan
  • 2 bungkus santan instan
  • 200 ml air
  • 1 buah sereh
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan minyak bawang
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  1. Iris Bumbu-Bumbunya

Setelah bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya untuk membuat bumbu untuk nasi bakar teri medannya. Caranya adalah iris-iris semua bahan di bawah ini:

  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting merah
  • 10 buah cabai rawit

Jika sudah, geprek 1 buah sereh dan 2 ruas lengkuas. Selain itu, siapkan pula 1 lembar daun salam, 1 lembar daun jeruk, dan daun kemangi secukupnya.

  1. Masak Ikan Teri Medan

Pertama, tumis dulu semua bahan bumbu yang sudah diiris tadi ke dalam wajan dengan menggunakan api sedang saja. Saat tumisan tersebut sudah harum, masukkan ikan teri medan, daun kemangi, dan penyedap rasa secukupnya. Lalu aduk semua bahan hingga matang.

Silahkan periksa rasanya. Anda bisa menambahkan garam jika dirasa kurang gurih.

  1. Buat Kuah Santannya

Sekarang, masukkan 2 bungkus santan instan ke dalam panci yang berisi 200 ml air. Kemudian segera tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk, penyedap rasa, dan garam lalu aduk. Ketika mulai tercampur, masukkan minyak bawang. Setelah itu, aduk terus hingga mendidih.

  1. Bungkus Nasi Bersama Teri Medan Lalu Bakar

Selanjutnya, ambil daun pisang dan tata nasi di atasnya. Lalu taruh tumisan ikan asin teri medan di atas nasi tersebut. Jangan lupa siram tumisan teri dengan 5 sendok makan kuah santan. Jika sudah, baru gulung daun pisang hingga rapat dan beri tusuk gigi sebagai pengikat di ujungnya.

Buat beberapa porsi dan pastikan semuanya terbungkus dengan rapat agar nasi tidak keluar dan berantakan. Setelah itu, silahkan bakar bungkusan nasi teri medannya selama kurang lebih 1 menit di tiap sisinya. Nasi bakar teri pun siap disajikan sebagai menu makan siang keluarga.

Penutup

Demikianlah resep nasi bakar teri simple yang menggunakan ikan teri medan sebagai isiannya. Cukup mudah untuk diikuti, bukan? Bahannya pun juga mudah untuk didapatkan. Untuk ikan teri medannya sendiri sebenarnya bisa diganti dengan jenis lainnya. Jadi, selamat mencoba! (*/Ikh)

Baca: Diduga Ibu Kandung Bunuh Bayinya Sendiri di Minahasa Utara

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.