Resep Miso Medan Dengan Kuah Sedap

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Miso Medan

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Miso atau singkatan dari mie sop ini merupakan salah satu makanan legendaris di Medan hingga saat ini. Sajian khas Medan ini berupa mie yang diguyur sop ayam. Kamu juga bisa membuatnya lho dirumah, karena resep miso Medan ini sangat mudah bibuat.

Resep Miso Medan

Sekilas miso medan ini mirip sop ayam pada umumnya, namun yang membedakan adalah miso Medan menggunakan rempah segar dan rempah kering. Rempah ini direbus perlahan hingga aroma dan rasanya meresap ke dalam daging ayam dan kaldunya.

Nah sekarang kamu nggak usah jauh-jauh ke Medan buat rasain miso ini. Miso Medan ini sudah bisa kamu buat dari rumah lho, mudah dan tentunya anti gagal. Berikut beberapa resep miso Medan:

  1. Bahan

Cara membuat mie sop kampung ini cukup mudah, pertama-tama seperti biasa kamu harus menyiapkan bahan-bahannya. Bahannya terbagi menjadi bahan utama, bahan kaldu, bahan rempah, bahan halus, dan bahan pelengkap.

Bahan utama terdiri dari 1 buah dada ayam utuh dengan kulit yang sudah dipisah. 3 keping bihun jagung, dan minyak goreng. Setelah itu bahan kaldu terdiri dari 10 buah ceker ayam, kulit ayam dari dada ayam, 3,5 liter air, garam, kaldu jamur, lada secukupnya.

Selanjutnya bahan rempah terdiri dari 1 batang serai geprek, 4 cm jahe geprek, 1 buah pala geprek, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 buah bunga lawing, 3 cm, kayu manis, 3 buah kapulaga, dan 1 buah tomat ukuran kecil.

Bumbu halusnya terdiri dari 11 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, ¼ sendok the bubuk kunyit (boleh tidak ada), 4 buah kemiri sangrai, 2 cm jahe, ½ sendok the merica butiran/bubuk.

Nah yang terakhir adalah bahan pelengkap yakni kerupuk merah, daun seledri, daun bawang, bawang goreng, saos dan kecap, dan yang terakhir sambal cabe hijau.

  1. Cara Pembuatan

Nah setelah kamu menyiapkan bahan-bahannya kamu sekarang mulai membuatnya. Langkah pertama yakni cuci bersih ayam dan ceker serta kulitnya, lumuri dengan air jeruk nipis. Selanjutnya didihkan air, masukkan ayam dan ceker serta kulit, rebus kurang lebih 5 menit.

Lalu buang airnya dan tiriskan. Selanjutnya rebus air 3,5 liter hingga mendidih. Jika sudah masukkan ayam, ceker dan kulit ayam. Masukkan juga garam, kaldu lada dan rempah-rempah. Rebus hingga ayamnya empuk lalu tiriskan ayam. Lanjutkan merebus kaldu.

Sambil menunggu, kamu bisa menumis bumbu halus, lalu masukkan ke dalam rebusan kaldu, aduk rata. Potong-potong tomat lalu masukkan kedalam kaldu. Rasakan dulu sudah pas apa belum. Jika ceker sudah empuk matikan api lalu sisihkan.

Langkah selanjutnya yakni menggoreng ayam yang sudah ditiriskan tadi. Jika sudah matang, suir-suir ayam. Gunakan wadah lain untuk mendidihkan air lalu dimasukkan bihun jagung kurang lebih 1 menit, tiriskan.

Siapkan bahan pelengkap, lalu persiapkan untuk penyajian yakni dengan cara memasukkan bihun jagung ke dalam mangkuk, lalu taburi suwiran ayam, daun seledri, daun bawang, lalu tuangkan kuah miso.

Tambahkan bawang goreng dan kerupuk merah, sajian sedap miso Medan siap disantap. Sajikan miso ini selagi masih hangat.

  1. Tips Pembuatan

Resep miso Medan ini juga perlu tips agar lebih enak lho. Jadi saat kamu membuat mie sop ayam gunakan ayam negeri atau ayam kampung yang gemuk, karena ayam yang berlemak membuat kaldunya lebih guruh.

Lalu untuk mie nya pakai mie kering atau bihun saja. Untuk kamu yang suka gurih, ayam bisa digoreng hingga bagian luarnya kering dan renyah.

Penutup

Itulah tadi resep miso Medan yang bisa kamu kreasikan di rumah. Selain ayam kamu juga bisa membuat mie sop daging lho, dengan mengubah ayam dengan daging sapi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*/Ikh)

Baca: Resep Cemoe Ponorogo Anti Gagal, Kamu Wajib Tahu!

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.