Resep Mie Kopyok Jember: Endezz!

waktu baca 3 menit
Ket Foto; Mie Kopyok

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Mie Kopyok merupakan olahan berbahan dasar mie khas Pulau Jawa yang banyak dikenal di Semarang dan Jember. Bahan dasarnya yang simpel, serta mudah didapat menjadikannya banyak diminati. Resep Mie Kopyok Jember pun tentu tidak jauh berbeda dengan yang ada di Semarang.

Ciri khas utama sajian Mie Kopyok ialah adanya kerupuk gendar sebagai toping khasnya. Gendar sendiri merupakan kerupuk yang dibuat dari nasi dengan menggunakan bumbu halus sederhana, seperti bawang putih dan garam. Lalu apa saja ya bahan pembuatan Mie Kopyok?

Bahan dan Bumbu Utama Sajian Mie Kopyok Jember

Keutamaan resep Mie Kopyok Jember tentu terletak pada mie itu sendiri. Berikut bahan yang perlu kamu siapkan dalam membuat olahan mie khas Jawa satu ini.

  • 1 bungkus mie atau 500 gram mie kuning
  • Tauge secukupnya
  • 1 buah lontong, biasanya untuk satu porsi berisi 5 potong lontong (opsional)
  • Seledri yang sudah dicincang halus
  • Kerupuk gendar yang dihancurkan
  • Secukupnya kecap manis
  • Secukupnya bawang goreng sebagai toping
  • Bumbu pelengkap lainnya (garam, kaldu, dan lada bubuk)

Untuk bumbu cairnya, kamu cukup menyediakan bawang putih yang sudah dihaluskan, beserta air matang. Sedangkan untuk kuahnya, kamu bisa menggunakan kaldu ayam secukupnya dan bisa kamu gunakan takaran sebanyak 1 liter kaldu ayam dengan bumbu lainnya secukupnya saja.

Tata Cara Membuat Hidangan Mie Kopyok Jember

Setelah mengetahui resep Mie Kopyok Jember, beserta bumbu halus dan pelengkapnya, kamu bisa mulai memasak hidangan satu ini. Jangan lupa untuk selalu menyajikan bahan dalam kondisi bersih. Berikut ini langkah membuat sajian Mie Kopyok khas dari Jember.

  1. Tuangkan Bumbu Cair

Langkah pertama dalam membuat Mie Kopyok ialah kamu perlu menuangkan bumbu cairnya terlebih dahulu. Ambil bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya dan campurkan dengan beberapa sendok air matang hangat, lalu aduk hingga keduanya tercampur dengan sempurna.

  1. Masukkan Mie Kuning dan Tauge

Selanjutnya kamu bisa memasukkan mie kuning dan tauge ke dalam bumbu cair tadi. Jangan lupa seduh mie dan tauge ke dalam air mendidih selama beberapa saat agar mie tidak mengeras dan tauge sedikit layu. Tiriskan pula beberapa saat agar mie tidak terlalu banyak berkuah.

  1. Campur Bumbu dan Tuang Kuah Kaldu

Agar resep Mie Kopyok Jember semakin sempurna, campur semua bahan tadi sampai merata ke seluruh mie. Jika sudah tercampur, tuangkan kuah kaldu yang sudah dibuat sebelumnya. Pemberian kuah kaldu sendiri berfungsi untuk menambah cita rasa agar semakin gurih dan enak.

  1. Tambahkan Topping di Atasnya

Setelah tercampur, tambahkan bawang goreng secukupnya dan tambahkan pula kerupuk gendar yang sudah dihancurkan. Untuk menambah selera, kamu bisa memakai Mie Kopyok dengan beberapa sendok sambal dan sejumput garam jika dirasa masih kurang gurih atau sebagainya.

Itu tadi resep Mie Kopyok Jember, beserta empat langkah pembuatannya yang mudah dan tepat. Mie yang dipakai dalam sajian Mie Kopyok bisa menggunakan merk apa saja, asalkan tidak memakai mie keriting. Hal ini dikarenakan mie keriting kurang cocok dibuat olahan satu ini.

Untuk kerupuk gendarnya sendiri juga bisa dibuat sendiri. Kamu bisa mengambil secukupnya nasi, lalu ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan bawang putih dan garam. Layaknya pembuatan kerupuk, cukup dicetak sesuai selera, dijemur, dan digoreng. Selamat mencoba, ya! (*/Ikh)

Baca: Resep Olahan Khas Jawa Tengah, Bandeng Serani Jepara

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.