Resep Mangut Semarang Enak Dan Mudah

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Mangut Semarang

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Semarang tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya, namun kota ini juga terkenal dengan kuliner yang enak. Salah satu kuliner yang banyak dicari adalah mangut kepala manyung. Kali ini kamu bisa membuatnya dirumah lho dengan resep mangut Semarang dibawah ini.

Resep Mangut Semarang

Bahan utama dari masakan ini adalah ikan di asap yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di penjual ikan pinggir pantai. Selain ikan di asap kamu juga bisa menggunakan lele, ikan panggang atau ikan yang lainnya.

Masakan yang terkenal dengan rasanya yang pedas namun menggugah selera. Ada beberapa hal yang sedikit berpengaruh terhadap kualitas rasa mangut Semarang.

Pertama dari bahannya. Selanjutnya dari pemilihan bahan segar dan yang terakhir adalah cara membuat dan menghidangkannya.

Namun kamu tidak perlu pusing untuk menyiapkan mangut Semarang ini, karena jika kamu sudah tahu triknya maka cara membuatnya juga mudah dan menjadikan masakan yang spesial. Berikut resep mangut Semarang yang mudah dan enak:

  1. Bahan-bahan

Untuk membuat mangut semarang ini kamu perlu menyiapkan bahan-bahan. Bahannya dibagi menjadi bahan utama, bumbu halus, bumbu utuh, dan bumbu iris.

Bahan utamanya terdiri dari 2 potong ikan asap/mangut, 10 buah tahu kulit, 200 ml santan kental, air, minyak goreng.

Selanjutnya siapkan bumbu halus yang terdiri dari 15 buah cabai merah, 7 buah bawang merah, 7 siung bawang putih, 2 cm kencur, 2 cm jahe.

Lalu siapkan juga bumbu utuh yakni 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas (memarkan), 2 sdm gula merah, 1 sdm garam.

Jangan lupa bumbu iris yang terdiri dari 10 buah cabe rawit, 3 buah cabai merah, 3 buah tomat hijau.

  1. Cara Pembuatan

Setelah bumbu sudah siap, selanjutnya adalah cara membuatnya. Ikuti Langkah-langkah ini agar masakan ini menjadi enak. Pertama potong ikan dan tahu. Lalu haluskan bumbu halus (boleh di ulek atau diblender).

Selanjutnya panaskan sedikit minyak, masukkan bumbu halus lalu tumis hingga harum. Jika sudah masukkan bumbu utuh, masak hingga bumbu matang. Setelah itu masukkan air secukupnya, masak hingga mendidih.

Jika sudah mendidih baru masukkan ikan beserta gula dan garam, masak hingga bumbu meresap dan kuah agak berkurang. Selanjutnya tuangkan santan, sambil diaduk agar santan tidak pecah.

Tunggu hingga mendidih lalu masukkan bumbu iris, masak hingga matang. Koreksi rasa dan resep mangut Semarang ini bisa dihidangkan. Lebih enak jika disantap dengan nasi hangat.

  1. Tips Membuat Mangut Semarang

Membuat mangut Semarang ini tidak bisa dilakukan sembarangan, ada tips yang membuat masakan ini lebih lezat.

Diantaranya siapkan peralatan masak yang berkualitas dan pastinya bersih. Selanjutnya gunakan bumbu yang cukup agar rasa tidak terasa datar atau bahkan hambar. Karena makanan ini terkenal dengan rasanya yang kuat.

Tips selanjutnya adalah melakukan Latihan terus menerus agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat. Selain itu untuk kamu yang tidak suka ikan di asap, maka kamu bisa membuat mangut lele atau ikan panggang dan tahu.

Penutup

Demikian tadi resep mangut Semarang yang bisa kamu masak di rumah dengan mudah. Jadi sekarang kamu tak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk mencicipi masakan ini, kamu sudah bisa membuatnya dari rumah.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika masakan ini susah-susah gampang. Jadi teruslah berlatih sampai menghasilkan masakan yang enak dan data disajikan spesial untuk keluarga kamu. Semoga bermanfaat. (*/Ikh)

Baca: Makassar Targetkan Prevalensi Stunting Nol Persen

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.