Resep Ketoprak Jakarta: Seperti Buatan Abang Penjual!

waktu baca 3 menit
Ket Foto: ketoprak Jakarta

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Ketoprak merupakan salah satu makanan khas DKI Jakarta yang paling banyak digemari orang. Sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk makan masakan ini. Kamu bisa mengikuti resep ketoprak Jakarta yang rasanya mirip buatan abang-abang penjual ketoprak.

Resep Ketoprak Jakarta

Ketoprak ini sekilas mirip gado-gado atau kupat tahu khas Bandung. Yang menjadi beda, ketoprak ini mengandung bihun. Umumnya ketoprak terdiri dari paduan lontong/ketupat, bihun, tahu, dan taoge yang disiram saus kacang yang lezat.

Berikut resep ketoprak Jakarta yang bisa kamu tiru dengan cara yang sederhana dan pastinya hasilnya lezat:

Baca: Kementerian PUPR Bangun Pengendali Banjir di Sungai Torue

  1. Resep Ketoprak Bihun

Seperti dijelaskan di atas jika ketoprak yang membuat beda dari gado-gado adalah bihunnya. Nah sekarang kita akan membuat ketoprak bihun yang enak. Pertama pasti kamu harus mempersiapkan bahan-bahannya.

Bahannya yakni 150 gr tauge (seduh), 200 gr bihun (seduh sampai lunak), 5 buah lontong (potong), 1 buah tahu putih, 150 ml air, 2 siung bawang putih (haluskan), ½ sdt garam, dan minyak goreng secukupnya.

Siapkan juga bumbu kacang, berupa 200 gr kacang tanah (goreng), 200 ml air, 1 ½ sdt asam jawa, 2 siung bawang putih, 4 buah cabai rawit merah, dan 1 sdm gula merah (sisir halus). Jangan lupa siapkan juga bahan pelengkap yakni kerupuk, kecap manis, dan bawang goreng.

Jika bahan sudah siap, sekarang saatnya kamu membuat ketoprak ini. Pertama masukkan tahu ke dalam mangkuk, campur air, garam dan bawang putih. Tuang ke mangkuk tahu, diamkan sebentar. Jika sudah angkat dan tiriskan. Goreng sampai kecoklatan, potong dadu.

Selanjutnya buat bumbu kacang, cara membuat bumbu kacang yakni campur kacang tanah, cabai rawit merah, bawang putih, gula merah, dan garam, haluskan dengan ulekan atau blender. Setelah itu campur asam jawa dan air, ambil ½ sdm air asam dan campur dengan bumbu kacang.

Sekarang saatnya penyajian, caranya tata lontong, bihun, tauge, dan tahu di dalam mangkuk. Siram sambal kacang dan tambahkan kecap manis sesuai dengan selera kamu. Terakhir taburi bawang goreng dan kerupuk. Ketoprak jakarta siap dihidangkan.

  1. Resep Ketoprak Sayur

Resep ketoprak Jakarta selanjutnya yakni resep ketoprak sayur yang sederhana namun memberikan manfaat untuk membantu menjaga Kesehatan tubuhmu. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu untuk membuatnya.

Bahannya yakni ketupat, ¼ kol (iris), tauge, 20 buah cabai rawit merah, ½ timun, tahu putih, ½ tempe, kacang goreng (haluskan), gula merah cair, garam, vetsin/royco. Tambahkan juga bahan pelengkap seperti kecap manis, telur rebus, dan bawang goreng.

Cara membuatnya yakni goreng tempe dan tahu sampai kuning kecoklatan, lalu potong dadu. Selanjutnya rebus sayur kol dan tauge (tiriskan dan iris kolnya). Buat Bumbu kacang dengan cara uek cabai rawit merah, bawang putih, garam dan vetsin sampai halus.

Setelah itu, masukkan kacang goreng yang sudah dihaluskan kemudian ulek Kembali beserta gula merah cair sampai mengental. Jika sudah selesai, saatnya kamu melakukan penyajian dengan memasukkan ketupat, tahu, tempe, kol dan tauge kedalam mangkuk.

Selanjutnya siram dengan bumbu kacang. Beri telur rebus, kecap manis, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Ketoprak siap untuk dihidangkan.

Penutup

Resep ketoprak Jakarta di atas juga bisa kamu gunakan untuk jualan. Namun kamu harus melakukan banyak Latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk kamu yang tidak menyukai lontong kamu juga bisa membuat ketoprak tanpa lontong.

Kamu bisa mengganti dengan lainnya atau tidak menggunakan sama sekali. Semoga resep ini bisa kamu aplikasikan dan bermanfaat. Selamat mencoba! (*/Ikh)

Baca: PMI Parigi Moutong Kirim Mobil Tanki Air Bersih di Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.