Resep Ketoprak Cirebon Lezat, Mudah, dan Murah

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ketoprak Cirebon

Kupas tuntas, gemasulawesi – Hidangan dengan bumbu kacang menjadi satu ciri dari masakan khas Tanah Air. Seperti pada menu ketoprak. Resep ketoprak Cirebon pun tergolong sangat mudah dan praktis. Tidak heran bila ketoprak banyak di jual di berbagai daerah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat ketoprak juga sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Resep ketoprak Jakarta tidak membutuhkan banyak waktu. Selain itu cita rasanya bisa menyesuaikan selera masing-masing.

Resep Ketoprak Cirebon

Dalam pembuatannya, bahan dibagi menjadi tiga jenis yaitu bahan utama, bahan halus atau yang harus dihaluskan, serta bahan tambahan atau pelengkap. Sekilas ketoprak tidak berbeda dengan hidangan serupa yaitu lotek dan gado-gado.

Tetapi ada ciri khas dari menu ini, terutama dalam pemilihan bahan dan bumbu. Apa perbedaan ketoprak Cirebon dengan Jakarta? Ketoprak Jakarta atau Betawi menggunakan daun kucai dan memakai kecap yang cukup banyak.

Tidak hanya itu, penggunaan bumbu kacangnya pun lebih sedikit dan terkesan lebih cair.  Resep ketoprak Betawi asli sendiri memang tidak mudah untuk kita temukan dibandingkan ketoprak Cirebon yang lebih banyak penggemarnya.

Baca: 5 Tahapan Resep Tauco Medan Pedas dan Nikmat

Cara Membuat Ketoprak

Berikut resep mudah membuat ketoprak sendiri di rumah.

Bahan-Bahan (Untuk 3 Porsi)

Bahan Utama

3 Buah Tahu Putih (Goreng dan potong-potong)

1 Porsi Bihun (Rebus dan tiriskan)

100 Gram Toge Panjang (Rebus dan tiriskan)

Lontong Secukupnya (Potong-potong)

3 Butir Telur

Bahan Halus

2 Siung Bawang Putih

4 Buah Cabai Rawit (Atau sesuai selera)

Gula Merah (Secukupnya)

2 Sendok Makan Kacang Tanah yang Telah Dihaluskan

1 Sendok Teh Asam Jawa (Rendam dengan air secukupnya)

Garam dan Penyedap Secukupnya

Bahan Pelengkap

Kerupuk

Bawang Goreng

Kecap

Sambal Tambahan (Bila perlu)

Langkah Membuat Resep Ketoprak Cirebon

  1. Siapkan bahan utama dengan menggoreng tahu, merebus bihun, merebus toge, mendadar atau menceplok telur, dan menyiapkan lontong. Biasanya, ada sebagian orang yang memilih menikmati ketoprak tanpa lontong dan memperbanyak porsi bihun.
  2. Langkah berikutnya, siapkan bumbu halus. Masukan semua bahan bumbu halus ke dalam alat uleg dengan bertahap sambil diuleg. Air asam jawa bisa dicampur terakhir.
  3. Pada resep ketoprak telor terkadang ada yang tidak menggunakan air asam jawa. Semua menyesuaikan selera.
  4. Taruh potongan bahan utama ke atas piring. Lalu tuangkan dan lumuri menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan. Bisa juga menaruh bahan-bahan di wadah uleg dan mencampurnya langsung.
  5. Lengkapi dengan bahan pelengkap sesuai selera. Ketoprak siap dinikmati.

Baca: Ragam Menu Berbahan Daging Saat Idul Adha

Tips Membuat Ketoprak Lezat

  • Pastikan semua bahan yang digunakan masih segar dan terjamin kualitasnya. Khususnya pada bahan utama tahu. Tahu bisa berupa tahu kuning ataupun putih. Biasanya tahu kuning memiliki rasa lebih asam, tapi saat digoreng terasa lebih menarik.
  • Tidak hanya lontong, Anda bisa juga mengganti dengan ketupat atau kupat. Tentu saja teksturnya akan berbeda dan terasa lebih padat.
  • Banyak restoran yang berinisiatif mencampur kacang tanah dalam bumbu halus dengan kacang mede untuk mendapatkan cita rasa lebih gurih.
  • Karena bumbu kacang mudah mencari saat terkena sayur dan bahan lainnya, maka lebih baik mengolah resep ketoprak tanpa lontong ataupun pakai secara fresh. Berbeda dengan gado-gado yang bumbunya dimasak lebih dulu.

Ketoprak merupakan menu hidangan dengan rasa spesial yang sangat praktis untuk dibuat. Anda tidak membutuhkan banyak waktu.

Menu ini juga cocok menjadi salah satu menu pilihan dalam sebuah acara. Resep ketoprak Cirebon di atas hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit saja. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.