Resep Coto Makassar Lezat dan Gurih

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Coto Makassar

Kupas tuntas, gemasulawesi – Coto Makassar merupakan salah satu makanan khas asli bugis yang menjadi kebanggan Indonesia. dijamin siapa saja yang memakannya akan menyukai cita rasanya. Saat ini banyak resep coto Makassar yang mudah dibuat lho.

3 Resep Coto Makassar

Kota Makassar terkenal memiliki banyak kuliner yang lezat, salah satunya adalah coto Makassar. Hidangan yang memiliki kuah kental dan rasanya gurih berempah pekat ini memiliki banyak penggemar.

Uniknya makanan ini dibuat memakai air cucian beras dan kacang tanah yang digerus halus sehingga teksturnya kental dan gurih. Pendamping paling juara adalah buras atau lontong khas Makassar. Berikut ini resep coto Makassar yang lezat:

1. Bahan-bahan

Siapkan bahan-bahan ini: 1 kg daging sapi (cuci bersih), 5 batang serai (memarkan), 2000 ml air cucian beras putih, 5 lembar daun salam, 3 sendok makan minyak goreng, 250 gram kacang tanah (goreng dan haluskan), 5 cm jahe dan 1 ruas lengkuas.

Tak hanya bahan-bahan itu saja, namun kamu harus menyiapkan bumbu yang dihaluskan diantaranya: 10 siung bawang putih, 8 butir kemiri (sangrai), 1 sdm ketumbar (sangrai), 1 sdt jintan (sangrai), 1 sdt merica butiran, dan 1 sdt garam.

Coto makassar tak lengkap tanpa sambal tauco, nah untuk membuatnya siapkan bahan 4 buah cabai merah, 8 buah cabai rawit, 6 butir bawang merah, 6 sdm tauco, 150 ml air, dan 3 sdm gula pasir.

Selain bahan yang dihaluskan juga siapkan bahan pelengkap yakni bawang merah goreng, seledri yang sudah diiris, daun bawang yang sudah diiris, cuka, jeruk nipis diiris dan 6-8 buah burasa.

Baca: Yuk, Jelajahi Wisata Garut yang Terkenal

2. Cara Pembuatan

Nah setelah kamu sudah mempersiapkan bahan-bahan nya, maka sekarang saatnya kamu membuat coto makassar tersebut. Langkah pertama masak daging, air tajin, dan garam sampai empuk. Jika sudah angkat dan potong daging sesuai selera.

Selanjutnya haluskan bahan-bahan bumbu halus. Jika sudah panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, angkat dan masukkan ke dalam panic kaldu.teruskan memasak diatas api kecil hingga kuah sedikit menyusut.

Sambil menunggu kuah menyusut kamu bisa membuat sambal tauco dengan haluskan cabai, bawang merah, dan tauco. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Selanjutnya masukkan air dan gula pasir, didihkan dan angkat.

Jika semua sudah siap sajikan coto Makassar kedalam mangkuk saji, tambahkan pelengkap sesuai dengan selera. Sajikan di sampingnya sambal tauco dan busara. Coto makassar siap disantap.

Baca: 20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

3. Tips Memasak Coto Makassar

Meski membuat coto makassar terlihat simple, namun memasaknya memakan waktu yang cukup lama. Nah untuk mempercepat waktunya kamu bisa menggunakan panci presto dan daging juga bisa matang dengan sempurna.

Selanjutnya jika kamu ingin menambahkan jeroan, sebaiknya kamu merebusnya di dalam wadah yang berbeda dengan air biasa bukan pakai air beras. Hal ini dilakukan agar cita rasanya tidak rusak.

Baca: Resep Ayam Goreng Kremesan yang Bikin Nagih

Nah untuk kamu yang lebih suka kuat coto makassar yang lebih kental maka kamu bisa ditambahkan takaran kacang tanahnya. Lalu jika kamu tidak ada buras, maka kamu bisa menggantinya dengan ketupat atau lontong juga bisa.

Penutup

Itulah tadi resep coto Makassar yang mudah dan tentu lezat. Kamu juga bisa mengkreasikan coto makassar ini sesuai dengan selera kamu, misal mengganti daging sapi dengan daging ayam, ataupun lainnya. Semoga bermanfaat. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Intip 10 Tempat Wisata di Medan Favorit yang Harus Kamu Kunjungi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.