Resep Cemoe Ponorogo Anti Gagal, Kamu Wajib Tahu!

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Wedang Cemoe

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Wedang cemoe merupakan minuman hangat yang berbahan utama roti tawar, kacang goreng, bawang goreng, santan, jahe dan daun pandan. Di Ponorogo kamu bisa dengan mudah menjumpai penjual wedang cemoe ini. Resep cemoe ponorogo ini juga mudah banget lho!

Resep Cemoe Ponorogo

Aroma yang harum dan rasa yang lezat membuat wedang cemoe ini banyak disukai masyarakat. Tak hanya itu wedang ini juga sangat merakyat, karena banyak dijual di pinggir jalan. Wedang cemoe ini sangat cocok diminum saat hujan maupun malam hari.

Kandungan jahe di dalamnya bisa membuat tubuh menjadi hangat, tak hanya itu potongan rotinya juga membuat perut menjadi kenyang jadi dobel-dobel kenikmatannya. Di daerah jawa timur lain sering menyebutnya angsle, bandrek, wedang bajigur dan lain sebagainya.

Sekilas cemoe dan angsle ini terlihat sama karena terbuat dari bahan utama roti tawar dan santan. Namun keduanya ternyata memiliki perbedaan, lalu apa perbedaan angsle dan cemoe? Ya perbedaannya terletak pada rasanya, angsle lebih manis dibandingkan cemoe.

Tak hanya di Ponorogo, cemoe ini juga sangat terkenal di Magetan dan Madiun. Nah kali ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Ponorogo, kali ini kamu bisa membuatnya dari rumah, karena resep cemoe Ponorogo ini sangat mudah, berikut diantaranya:

  1. Bahan

Bahan-bahan dari cemoe ini cukup mudah didapat di pasar maupun supermarket. Bahannya dibagi menjadi bahan kuah dan bahan pelengkap. Bahan kuahnya terdiri dari 150 gr jahe (dibakar lalu memarkan), 150 gr gula pasir, 50 gr gula merah, vanilli, 1 ons mutiara.

Setelah itu siapkan 5 cm kayu manis, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun pandan, 1 ½ liter santan kelapa, ¼ sendok teh garam.

Selanjutnya siapkan bahan pelengkap yakni 100 gr kacang tanah (sangrai dan buang kulit arinya), 4 lembar roti tawar (potong kotak-kotak), bawang merah goreng untuk taburan.

  1. Cara Pembuatan

Nah setelah bahan-bahan disiapkan Langkah selanjutnya dari resep cemoe Ponorogo ini adalah membuatnya. Pertama-tama kamu buat kuahnya dulu dengan cara didihkan 1 liter air, masukkan daun pandan dan jahe, rebus kurang lebih 5 menit.

Selanjutnya tambahkan vanili, garam, dan gula pasir, aduk hingga merata. Setelah itu masukkan santan kelapa dan diaduk terus supaya santan tidak pecah. Nah jika sudah mendidih matikan api dan sisihkan.

Jangan lupa untuk membuat bubur Mutiara, caranya dengan didihkan air kemudian masukkan Mutiara hingga mengembang, lalu angkat dan sisihkan. Siram dengan air dingin agar lebih nikmat.

  1. Cara Penyajian

Setelah kamu membuat kuahnya, kini saatnya kamu menyajikannya. Nah cara penyajiannya yakni pertama kamu masukkan secukupnya bubur Mutiara, secukupnya potongan roti tawar, kacang tanah yang sudah disangrai ke dalam mangkuk.

Selanjutnya guyur isian itu tadi dengan kuah wedang cemoe yang sudah kamu buat. terakhir taburi dengan bawang goreng. Sajikan selagi wedang ini panas.

Penutup

Itulah tadi resep cemoe Ponorogo yang sederhana, mudah, namun punya rasa yang sangat nikmat. Wedang cemoe ini lebih nikmat dihidangkan waktu malam hari atau saat hujan, pasti sangat hangat ketika udara malam yang dingin.

Lebih nikmat lagi jika disandingkan dengan gorengan hangat. Selain enak disajikan dalam keadaan hangat wedang cemoe ini juga enak bila disajikan dingin lho, jadi setelah membuatnya kamu bisa taruh dulu di dalam kulkas.

Bagaimana mudah bukan membuat wedang cemoe? Yuk kreasikan masakan kamu. Selamat mencoba! (*/Ikh)

Baca: Resep Tahu Kikil Probolinggo Enak dan Sedap

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.