Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Lembut, dan Enak

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Bolu Kukus Mekar. (Foto/Isitmewa)

Kupas tuntas, gemasulawesi – Bolu kukus merupakan salah satu kue tradisional yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Hal ini membuat resep bolu kukus mekar ini banyak dicari. Apalagi bentuk dari bolu kukus ini semakin hari semakin beragam.

3 Resep Bolu Kukus Mekar

Hampir di setiap acara resmi kue bolu kukus mekar kerap mekar kerap muncul menjadi sajian untuk para tahu ataupun keluarga besar. Yang menjadi ciri khas dari bolu kukus ini adalah memiliki banyak warna yang mencolok sehingga enak dipandang dan menambah selera.

Pembuatannya yang mudah, tidak perlu banyak peralatan, praktis untuk para pemula menambah kecintaan orang-orang terhadap kue ini. Berikut beberapa resep bolu kukus mekar yang super lembut anti gagal:

1. Bolu Kukus Mekar Susu

Untuk membuat bolu kukus satu ini kamu butuh beberapa bahan sebagai berikut: Bahan A (200 gr gula pasir, 200 gr tepung terigu, 200 ml susu, 2 butir telur, 1 sdt SP) dan bahan B (15 gram cokelat bubuk dan 20 gr air panas).

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, sekarang masuk ke cara pembuatannya. Langkah pertama campur bahan B hingga coklat cair lalu sisihkan. Selanjutnya taruh semua bahan A ke dalam wadah dan kocok dengan mixer selama 10 menit.

Jika sudah bagi adonan menjadi ¼ bagian diberi cairan coklat dan ¾ lainnya biarkan tetap putih. Lalu siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup, lalu tuangkan adonan selang seling putih coklat. Lalu kukus dalam dandang yang telah beruap selama 20 menit.

Baca: Resep Ayam Bakar Rumahan Lezat, Patut Dicoba

2. Bolu Kukus Mekar Warna-warni

Bolu kukus yang memiliki warna mencolok akan menggugah selera, nah untuk membuat bolu kukus ini siapkan bahan 2 telur, 200 gr tepung terigu protein rendah, 175 gr gula pasir, 125 ml sprite, 1 takaran sendok teh vanilla, dan 1 sendok teh SP.

Jika bahan-bahan sudah disiapkan maka kamu siap membuat bolu kukus warna-warni ini, berikut Langkah-langkahnya, pertama kocok semua bahan kecuali SP selama 5 menit dengan mixer kecepatan tinggi. Jika sudah masukkan SP dan kocok lagi selama 10 menit.

Baca: Ini Ternyata Manfaat Mengkonsumsi Susu Kambing

Lalu bagi adonan menjadi 4 bagian, warna merah (beri pewarna red velvet), warna hijau (beri pewarna pandan), warna coklat (beri pewarna mocca), dan warna putih. Selanjutnya siapkan mould dengan paper cup. Isi dengan adonan berwarna-warni tadi sampai paper bag penuh.

Kukus adonan di dalam dandang yang beruap selama 10-15 menit. Bolu kukus super lembut dan enak siap disantap.

Baca: Resep Makanan Kekinian untuk Jualan Dijamin Untung Banyak

3. Bolu Kukus Mekar Tanpa Sprite

Untuk kamu yang ingin resep bolu kukus mekar tanpa sprite bisa banget, cukup siapkan bahan berikut ini: 125 gr terigu, 100 gr gula pasir, 1 butir telur, ½ sdt TBM, ½ sdt vanili, 100 ml susu cair serta siapkan pewarna (pasta pandan dan pasta mocca).

Setelah bahan-bahan tersedia, lakukan cara ini. Pertama campur semua bahan, mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang. Bagi adonan menjadi 3, masing-masing beri warna hijau coklat dan yang satunya biarkan tetap putih.

Lalu tuang adonan ke cetakan dengan selang-seling warnanya. Kukus selama 15 menit, dan bolu kukus siap dihidangkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa resep bolu kukus mekar yang bisa kamu buat. semoga artikel ini bisa menjadikan referensi kamu untuk membuat bolu kukus yang enak dan anti gagal. Selamat mencoba. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.