Resep Ayam Rica-rica Manado, Sedap dan Pedas!

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ayam rica-rica Manado

Kupas tuntas, gemasulawesi – Ada ayam, enaknya dimasak apa? Daripada bingung, coba saja resep ayam rica-rica manado. Makanan khas Manado tersebut dikenal akan cita rasanya yang gurih dan pedas. Sangat cocok disajikan untuk menu makan siang atau malam.    

Asal Usul Ayam Rica-rica Manado

Benarkah resep ayam rica-rica manado berasal dari kota Manado? Bicara soal makanan khas tersebut, maka tidak lepas dari bumbu rica-rica ini. Kata rica ini aslinya dari Bahasa Manado yang bermakna “pedas” atau “cabai”. Jadi, memang benar ayam rica-rica asli makanan Manado.

Ayam rica-rica ini termasuk ke dalam budaya Minahasa. Yang khas dari makanan tersebut tentu saja rasanya yang pedas seperti artinya. Bumbu ayam rica-rica terdiri dari berbagai macam campuran bumbu seperti cabe rawit, daun jeruk, daun pandan, dan rempah-rempah lainnya.

Sebagian orang mengatakan jika ayam rica-rica manado di Sulawesi Utara berbeda dengan di Jawa. Dikatakan bahwa ayam rica-rica asli sana lebih pedas karena menggunakan cabai asli dari Gorontalo. Sementara ayam rica-rica manado yang dimasak di Jawa menyesuaikan target pasar.

Selain rasanya yang pedas, karakteristik ayam rica-rica manado yang perlu diketahui diantaranya rempah-rempah yang digunakan diparut dan hasil masakannya merah cerah dengan disertai aroma daun kemangi.

Baca: Resep Sate Maranggi Yang Lezat, Sangat Mudah!

Resep Mudah Ayam Rica-rica Khas Manado

Meski rasanya pedas, Anda dapat mengatur tingkat kepedasannya dengan memasak sendiri ayam rica-rica khas manado. Masak ayam pasti susah bukan? Belum pasti, selama tahu resep memasaknya dengan tepat tentu akan mudah caranya sebagai berikut.

Baca: Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Lembut, dan Enak

1. Siapkan Alat dan Bahan

Bahan terpenting dalam resep ayam rica-rica manado ini, yaitu ayam dan bumbu rempahnya. Siapkan ayam sebanyak ½ kg yang sudah dipotong kecil-kecil dan bermacam-macam bumbu dapur seperti 1 sdm kemiri, 15 cabai, 10 siung bawang merah, 5 siung bawah putih, dan lainnya.

Masih ada rempah lainnya, yakni 2 irir lengkuas, 1 batang serai, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1 lembar daun pandan, gula merah, jeruk nipis, ½ sdt ketumbar, ½ sdt merica, jahe dan kunyit secukupnya. Tidak lupa, ½ sdt garam, 1 sdt penyedap rasa, dan kecap manis secukupnya.

Sementara untuk alat yang digunakan seperti kompor, wajan, spatula, pisau, talenan, dan beberapa alat masak lainnya.

2. Rendam Ayam dengan Bumbu

Guna menghilangkan bau amis ayam, rendam ayam menggunakan perasan jeruk nipis. Lalu, haluskan semua bumbu kecuali serai dan lengkuas yang digeprek.

Baca: Resep Ayam Bakar Rumahan Lezat, Patut Dicoba

3. Masak Bumbu

Panaskan minyak secukupnya pada wajan menggunakan api sedang, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan digeprek. Berikutnya, masukkan daun jeruk, daun salam, dan daun pandan. Masak hingga tercium aroma harum.

4. Masukkan Ayam dan Beri Bumbu Tambahan

Selanjutnya, masukkan ayam dan aduk hingga merata. Tambahkan kecap lalu aduk lagi dan tuang air dalam wajan. Masukkan gula merah, penyedap rasa, atau kaldu untuk menambah cita rasa gurih jika dinilai rasanya masih kurang.

Baca: Resep Udang Saus Padang Versi Asli dan Ala Seafood

5. Sajikan dengan Nasi Hangat

Masak hingga air dalam wajan menyusut dan bumbu meresap dalam ayam. Bisa ditambah daun kemangi dan jeruk nipis untuk membuat rasanya makin segar. Agar makin komplit, bisa dilengkapi dengan nasi hangat dan ayam rica-rica khas manado siap disajikan.

Itulah info terkait resep masakan khas Manado tersebut. Resep ayam rica-rica manado ini semoga dapat membantu para ibu yang mencari referensi resep masakan pedas. (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: 20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.