Resep Ayam Goreng Kremesan yang Bikin Nagih

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ayam goreng kremesan

Kupas tuntas, gemasulawesi – Siapa yang tidak suka dengan makanan olahan dari daging hewan yang satu ini? Sebagian besar warga Indonesia mengonsumsi ayam sebagai makanan sehari-hari. Kali ini kita akan membahas mengenai resep ayam goreng kremesan yang resepnya bikin nagih.

Pastinya kamu wajib untuk mencoba resep kremesan ini di rumah, di kost, atau di rumah teman. Ayam goreng kremesan adalah salah satu resep masakan ayam yang digemari oleh berbagai kalangan.

Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, tidak ada yang tidak menyukai ayam goreng kremesan ini. terlebih ketika ayam goreng ini disajikan beserta sambal yang pedas, dan lalapan.

Tidak hanya cita rasanya yang enak, ayam goreng kremes juga memiliki kandungan protein hewani yang baik. Oleh karena itu, tidak heran jika kuliner ini menjadi salah satu kuliner favorit bagi semua kalangan di Indonesia.

Resep Ayam Goreng Kremesan

Inilah resep ayam goreng kremesan yang bisa kamu coba di rumah. Untuk resepnya akan kami berikan beberapa bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara pembuatannya.

Bahan Ayam Goreng Kremesan

  • 1 ekor ayam baik kampung atau ayam biasa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai yang kemudian dimemarkan
  • Santan, bisa menggunakan santan instan atau santan peras
  • 1 sdt gula pasir, atau secukupnya
  • Garam secukupnya

Baca: Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Lembut, dan Enak

Untuk bumbu yang akan dihaluskan ada:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Setengah sendok ketumbar bubuk atau ketumbar yang telah dihaluskan
  • 4 butir kemiri
  • 1 cm kunyit ( ini adalah pilihan opsional, sehingga bisa dipakai atau tidak)

Baca: Resep Coto Makassar Lezat dan Gurih

Untuk bahan kremesan ayam  ini terdapat

  • Air kaldu ayam sisa rebusan sebanyak 300 ml
  • Kemudian 2 sdm tepung beras
  • 125 gr tepung sagu/ tapioca
  • Setengah baking powder
  • Dan 1 butir kuning telur

Baca: Delapan Objek Wisata di Bali, Murah Namun Bikin Gairah

Cara Pembuatan Resep Ayam Goreng Kremes

  1. Mencampur semua bahan untuk ayam, yakni santan, bumbu halus, serai, garam, gula, dan daun salam sampai tercampur rata dalam sebuah wajan
  2. Kemudian apabila sudah bau wangi dan tampak matang, bisa untuk memasukkan ayam, dan masak sampai api kecil. Diamkan sapai dengan air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ayam.  Siapkan air kaldu rebusan ayam, kemudian ditakar sesuai resep, dan sisihkan.
  3. Apabila sudah matang, kemudian disisihkan dan panaskan minyak goreng, kemudian mencelupkan ayam ke dalam adonan kremes lalu menggoreng dengan api yang sedang. Jika sudah matang bisa ditiriskan.
  4. Untuk membuat kremesannya bisa dengan mengaduk semua bahan yang ada kecuali baking powdernya.
  5. Lalu panaskan minyak yang ada di dalam wajan, sembari menunggu panas, bisa memasukkan baking powder ke dalam adonan sampai rata.
  6. Apabila minyak telah panas, kemudian bis amengaduk adonan dengan bantuan jari tangan yang berputar di atas wajan untuk menciptakan kremesan.
  7. Jika adonan sudah masuk semuanya, akan menyebar sendirinya, diamkan sampai berwarna kekuningan. Setelah berubah warna kemudian Balik adonan sampai berwarna kecoklatan.
  8. Lalu setelah berwarna kecoklatan angkat kremesan, dan letakkan pada ayam yang sudah digoreng tadi. Ayam siap untuk disajikan bersama dengan kremesan yang ada dan juga sambal gorengnya.

Baca: Versi Unik Resep Bika Ambon

Itulah resep ayam goreng kremesan yang bisa dicoba di rumah untuk keluarga. resep ini akan selalu digunakan sebagai hidangan makan siang, karena hampir semua masyarakat menyukai ayam goreng kremesan.

Resep ayam kremes simple ini juga bisa disajikan untuk dijual karena banyak yang menyukainya. Namun pastikan Anda sudah mempersiapkan modal dan strategi penjualan sebelumnya ya! Selamat mencoba! (*/fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Resep Ayam Bakar Rumahan Lezat, Patut Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.