Jumat, April 23, 2021

Resahkan Warga, Puluhan Motor Knalpot Bogar Diamankan di Luwuk

Must read

Berita banggai, gemasulawesi– Dianggap meresahkan warga, puluhan motor knalpot bogar diamankan di Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah.

“Kami menindak 20 motor knalpot bising saat melintas di Jalan Sam Raturalgi, Kota Luwuk. Dalam operasi cipta kondisi, Sabtu malam 20 Maret 2021,” ungkap Kabagops Polres Banggai, AKP Laata, di Banggai, Minggu 21 Maret 2021.

Kegiatan penertiban motor knalpot bogar dilakukan agar para pengguna jalan dapat patuh terhadap peraturan atau undang-undang lalu lintas di Banggai, Sulawesi Tengah. Serta, menghargai sesama pengguna jalan lainnya.

Suara bising motor knalpot bogar yang ditimbulkan kata dia, dapat menganggu konsentrasi pengguna jalan lain.

Baca juga: Polisi Amankan Tiga Pemotor Gunakan Knalpot Bising di Toili,

“Selain itu, kami juga menindak 10 unit sepeda motor yang tidak tertib dalam berlalu lintas. Seperti tidak membawa surat-surat, tidak menggunakan helm dan kelengkapan lainnya,” sebutnya.

Diketahui, knalpot bising atau racing bukanlah knalpot standar sesuai yang ditentukan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pemasangan motor knalpot bogar atau racing sepeda motor yang tidak standar, Pasal 285 ayat 1 UU LLAJ telah mengatur sanksi bagi pelanggar knalpot standar.

Pasal itu menjelaskan pengendara sepeda motor yang kendaraannya tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan di antaranya knalpot bising akan ditindak.

Pasal 285 ayat 1 UU LLAJ berbunyi setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 3 juncto Pasal 48 ayat 2 dan ayat 3 dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Selanjutnya terkait knalpot bising juga diatur dalam pasal 48 ayat 3 UU LLAJ dan pasal 6 ayat 3 Peraturan Pemerintah nomor 80 tahun 2012. Tentang tata cara pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan dan penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan.

Ia menambahkan, kegiatan penertiban motor knalpot bogar digencarkan untuk menindak kendaraan dengan knalpot tidak sesuai standar.

Baca juga: Polisi Amankan Motor Knalpot Bising di Banggai

Laporan: Rahmat

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article