Renovasi Dua Pasar Mamuju Telan Anggaran 2,7 Miliar Rupiah

0
128
Renovasi Dua Pasar Mamuju Telan Anggaran 2,7 Miliar Rupiah
Kasubag Perencanaan, Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Irwan Karim (Foto: Aqil)

Mamuju, gemasulawesi.com Renovasi dua pasar di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar, menelan anggaran 2,7 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan, Kasubag Perencanaan, Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Irwan Karim, di ruang kerjanya, Kamis 01 Agustus 2019. Ia mengatakan, anggaran renovasi pasar tersebut bersumber dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

“Pemerintah pusat mengucurkan anggaran DAK untuk renovasi pasar yang terbakar beberapa tahun lalu yaitu pasar sentral (pasar lama) dan pasar Taludu Mamuju,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, masing-masing pasar mendapat anggaran renovasi senilai 2 Miliar Rupiah untuk renovasi pasar sentral atau pasar lama Mamuju.

“Sedangkan pasar Taludu Mamuju, mendapat anggaran perbaikan kurang lebih 700 juta Rupiah,” jelasnya.

Banyaknya pedagang yang mengeluh di dua pasar tersebut, mendesak pemerintah segera merenovasi pasar. Sehingga, melalui Dinas Perdagangan Mamuju yang memperbaiki pasar dapat segera terwujud untuk menggiatkan kembali aktifitas pedagang.

Pembangunan pasar tersebut kata dia, masuk dalam program Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju. Dan rencana pembangunannya akan berjalan pada Bulan Agustus tahun 2019.

“Semoga pasar yang direnovasi tahun 2019 bisa dimanfaatkan kembali para pedagang yang sempat berhenti akibat kena dampak kebakaran kios atau ruko miliknya,” tuturnya.

Diketahui, kebakaran yang terjadi di Pasar sentral Mamuju Kecamatan Mamuju, terjadi pada 27 Juli 2017. Kebakaran diduga terjadi karena arus pendek. Banyak kerugian yang ditaksir bagi pedagang akibat kejadian beberapa tahun lalu.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan