Polisi Amankan Remaja Pesta Miras di Banggai

Polisi Amankan Remaja Pesta Miras di Banggai
Foto: Polisi gelandang remaja pesta miras di Banggai, Jumat malam 12 Februari 2021.
Jangan Lupa Share

Berita banggai, gemasulawesi– Polisi amankan sejumlah remaja pesta Miras di Banggai, Sulawesi Tengah.

“Ada empat remaja yang diamankan karena meneguk miras jenis cap tikus,” ungkap Kapolsek Luwuk AKP Petrus A Matasik, di Luwuk, Sabtu 13 Februari 2021.

Keempat remaja pesta miras di Banggai, Sulawesi Tengah itu berasal dari wilayah Kecamatan Luwuk Timur, masing-masing berinisial YP (20), AS (19), KN (19) dan HR (21).

Aparat Polsek Luwuk mengamankan sejumlah remaja pesta miras di Banggai, Sulawesi Tengah. Tepatnya di pinggiran pantai kompleks Tanjung Sari, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Jumat malam 12 Februari 2021.

“Mereka langsung kita amankan di Mapolsek Luwuk guna dimintai keterangan dan diberikan pembinaan,” sebutnya.

Baca juga: Polisi Grebek Rumah Produsen Miras Cap Tikus di Luwuk Utara

Ia mengatakan, saat petugas patroli menghampiri remaja pesta miras di Banggai, Sulawesi Tengah, mereka mengaku kaget karena terlalu larut dalam pesta itu.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana menyatakan bahwa tindak pidana minuman keras diatur dalam Pasal 300 dan Pasal 536.

Pasal 300 KUHP berbunyi dengan hukuman penjara selama-lamanya satu tahun atau denda sebanyak banyaknya Rp 4500. Dihukum barang siapa dengan sengaja menjual atau menyuruh minum-minuman yang memabukkan kepada seseorang yang telah kelihatan nyata mabuk, barang siapa dengan sengaja membuat mabuk seorang anak yang umurnya di bawah 16 tahun dan barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dengan sengaja memaksa orang akan minum-minuman yang memabukkan. Kalau perbuatan itu menyebabkan luka berat pada tubuh, sitersalah di hukum penjara selama-lamanya tujuh tahun. Kalau si tersalah melakukan kejahatan itu dalam jabatannya ia dapat dipecat dari pekerjaannya itu.

Pasal 536 KUHP, barang siapa yang nyata mabuk berada dijalan umum dihukum denda sebanyak-banyaknya Rp 225.

Jika pada waktu melakukan pelanggaran itu belum satu tahun sejak ketetapan hukuman yang terdahulu, maka hukuman denda itu dapat diganti dengan hukuman kurungan selama-lamanya tiga hari.

Kalau pelanggaran itu diulang untuk kedua kalinya dalam satu tahun sesudah ketetapan putusan hukuman yang pertama, maka dijatuhkan hukuman kurungan selama-lamanya dua Minggu.

Kalau pelanggaran itu diulang untuk ketiga kalinya atau selanjutnya di dalam 1 tahun sesudah ketetapan putusan hukuman, maka dijatuhkan hukuman kurungan selama-lamanya tiga bulan.

Polsek Luwuk akan mengundang orang tua remaja pesta Miras di Banggai, Sulawesi Tengah ke Mapolsek, sebagai bentuk pembinaan.

Baca juga: Sabhara Polres Banggai Amankan Warga Mabuk Konsumsi Miras

Laporan: Rahmat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post