Rehabilitasi Terumbu Karang Pulau Salebbo Sulawesi Selatan

waktu baca 2 menit
Rehabilitasi terumbu karang (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Selatan, gemasualwesi – Rehabilitasi terumbu karang dengan melakukan transplantasi karang di Pulau Salebbo, Desa Mattoro Walie, Kecamatan Liukang Tuppabiring Utara, Pangkep oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Kepala DKP Sulawesi Selatan M Ilyas di Makassar, pada Minggu 17 Juli 2022 bahwa kegiatan rehabilitasi terumbu karang melalui metode transplantasi dilakukan pada November 2021.

Pihaknya menggunakan 200 media spider berbentuk jaring laba-laba untuk menumbuhkan sekitar 3.000 bibit/fragmen karang dengan luas total rehabilitasi 200 m2. Pada awal pemasangan, kata Ilyas, tinggi bibit karang hanya lima sentimeter.

“Setelah pantauan Juli 2022, bisa dikatakan bibit karang tumbuh pesat hingga delapan sentimeter. Dalam delapan bulan, karang sudah tumbuh tiga sentimeter,” ucapnya.

Baca: Gelar Razia Waria, Dinsos Makassar Dilempari dan Diancam Busur

Ilyas mengatakan, untuk menjamin keberlanjutan program rehabilitasi karang, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan akan menambah 3.000 bibit/fragmen karang di lokasi yang sama tahun ini.

Selain untuk memulihkan terumbu karang yang rusak, tujuan lain dari transplantasi ini adalah pemanfaatan terumbu karang secara berkelanjutan, perluasan terumbu karang. Karena diketahui bahwa terumbu karang memiliki fungsi ekologis dan manfaat ekonomi.

Fungsi ekologis terumbu karang meliputi perlindungan pantai sebagai pemecah ombak, tempat pemijahan, dan pembibitan biota laut. Dari segi manfaat ekonomi, terumbu karang sebagai lokasi penyelaman yang berorientasi wisata dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat pulau.

“Terumbu karang ini merupakan tempat mata pencaharian masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan,” ujarnya.

Selain di Kabupaten Pangkep, transplantasi karang akan dilakukan di beberapa cabang Dinas Kelautan (CDK) pada 2022. Yaitu di CDK Mamminasata, CDK Selayar, CDK Selatan. (*/Ikh)

Baca: Pelaku Pencurian Handphone di Gorontalo Ditangkap di Makassar

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.