Rakor BPBD Sulteng Bahas Percepatan Rehab Rekon 2020

  • Whatsapp
Rakor BPBD Sulawesi Tengah Sulteng Bahas Percepatan Rehab Rekon 2020
Rakor BPBD Sulteng Bahas Percepatan Rehab Rekon 2020

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi Rapat koordinasi (Rakor) BPBD se Provinsi Sulteng, bahas percepatan rehab rekon pasca bencana tahun 2020.

“Kegiatan Rakor bertujuan untuk membahas terkait kondisi bencana alam di Sulteng. Rakor ini juga salah satunya membahas pengusulan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” ungkap Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tengah Bartholameus Tandigala, saat Rakor BPBD Provinsi Sulawesi Tengah di Mosing Beach Desa Sinei Kecamatan Tinombo Selatan, Kamis 13 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Selain itu kata dia, diperlukan juga koordinasi antara BPBD dengan Dinas terkait dalam penanganan penanggulangan bencana daerah.

“Bencana alam tidak ada yang bisa memprediksi. Namun, kita tetap waspada dan mempersiapkan diri,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pemulihan dan Rehabilitasi Fisik BNPB pusat Ali Bernadus mengatakan, sistem informasi dalam tanggap bencana lebih ditingkatkan lagi. Agar sistem informasi pasca bencana juga bisa diterima oleh masyarakat.

Ia melanjutkan, Presiden menegaskan perencanaan pembangunan di daerah perlu ditingkatkan. Terutama, tata ruangnya harus mematuhi zonasi rawan terkena bencana serta memperhatikan aspek pengurangan risiko bencana.

“Pemerintah daerah juga diminta harus tegas terhadap daerah mana yang rawan bencana. Sehingga, itu yang menjadi fokus utama penanggulangan bencana,” terangnya.

Selanjutnya, dalam perencanaan pembangunan pemerintah daerah juga diminta untuk melibatkan pakar serta ahli kebencanaan.

Sehingga, dapat mengetahui detail daerah yang rawan bencana alam. Dan daerah yang dapat ditempati manusia.

“Tujuannya, agar warga mampu untuk memprediksi ancaman dan mengantisipasi serta mengurangi dampak bencana,” jelasnya.

Selanjutnya menurut ia sesuai arahan Presiden, Kepala daerah di setiap provinsi sekaligus menjadi Komandan Satgas Penanganan Bencana apabila terjadi bencana di wilayahnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.