Realisasi Penyaluran KUR di Sulawesi Selatan Capai 8,34 Triliun

waktu baca 2 menit
Pengusaha UKM (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sulawesi Selatan Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah mencatat telah mencapai 8,34 triliun kepada 187.166 debitur sampai pertengahan 2022.

Syaiful, Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Selatan mengatakan, peningkatan kinerja ini ditopang oleh peningkatan jangkauan penyaluran di wilayah Sulawesi Selatan.

“Kinerja ini mengantarkan Sulawesi Selatan menduduki peringkat kelima penyaluran KUR nasional,” ucap Syaiful.

Realisasi penyaluran KUR terbesar di Sulawesi Selatan terjadi di kota Makassar yaitu sebesar Rp 969,4 miliar atau setara 11,49 persen dari total penyaluran KUR di Sulawesi Selatan. Dari sisi ekonomi, penyebaran KUR terbesar di wilayah Sulawesi Selatan berada di dua sektor yakni sektor pertanian dan perdagangan, masing-masing tercatat sebesar Rp3,63 triliun dan Rp3,06 triliun.

Baca: Konflik Agraria Masih Marak di Sulawesi Tengah

Menurut Syaiful, kinerja ini sejalan dengan sektor basis rumput Sulawesi Selatan yang perekonomiannya bertumpu pada dua sektor tersebut. Berdasarkan jenis skema kredit, KUR terbesar yang disalurkan ke skema mikro adalah sebesar Rp 6,31 miliar.

Sedangkan berdasarkan lembaga penyalur, Bank Rakyat Indonesia (BIS) menjadi penyalur terbesar penyaluran KUR sebesar Rp 6,98 triliun.

“Kami di DJPb Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Kementerian Keuangan di daerah terus berupaya memaksimalkan pemanfaatan program KUR di Bank Sulawesi Selatan,” tambah Syaiful.

Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan juga secara berkala memantau dan mengevaluasi pelaksanaan penyaluran KUR, baik dari sisi bank sebagai lembaga penyalur maupun dari sisi debitur. Terkait literasi keuangan dalam upaya mewujudkan inklusi keuangan, Kanwil DJPb Sulawesi Selatan juga aktif menyampaikan informasi terkait KUR dan UMKM melalui berbagai sarana, baik jejaring sosial, media cetak elektronik maupun dalam berbagai diskusi formal maupun informal. (*/Ikh)

Baca: Tim RSB Palu Periksa Ratusan Korban Banjir Bandang Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.