Ratusan Sekolah Asal Parimo Telah Terakreditasi Tahap I Tahun 2019

Ratusan Sekolah Asal Parimo Telah Terakreditasi Tahap I Tahun 2019
Kadisdikbud Parimo, Adrudin Nur (Foto: gemasulawesi)

Parigi Moutong, gemasulawesi.comRatusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) asal Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng) telah terakreditasi tahap pertama tahun 2019.

“Untuk status terakreditasinya SD dan SMP di Parigi Moutong Sulawei Tengah merupakan kewenangan sepenuhnya Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah (BAN-S/M),” ungkap Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Parigi Moutong Sulawesi Tengah, di ruang kerjanya, Selasa, 19 November 2019.

Read More

Ia menerangkan, status terakreditasinya sekolah sudah melalui beberapa tahapan serta visitasi akreditasi yang dilaksanakan BAN-S/M bersama Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-S/M).

Pihaknya kata dia, hanya tinggal menerima hasil dokumen akreditasi sekolah dari BAN-S/M. Sekolah yang telah terakreditasi itu lanjut dia, tersebar ke beberapa wilayah di Parimo.

Baca juga: Banggai Laut Sulawesi Tengah Dapat 166 Alokasi Formasi CPNS 2019

“Data lengkap sekolah terakreditasi ada pada bagian kurikulum Disdikbud Parimo,” jelasnya.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi BAN-S/M, terdapat empat pilar akreditasi Sekolah dan Madrsah (S/M) yang dibantu BAP-S/M. Pertama, perangkat yang bermutu. BAN-S/M mendukung perangkat akreditasi sebagai pendukung sertifikasi pendidikan valid dan dapat dipercaya dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan terkait.

Perangkat yang bermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk teknis, data dan informasi pendukung serta teknik penskoran. Perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yang mudah dan sederhana sehingga tidak menimbulkan salah pengertian dan perbedaan pendapat antara S/M dengan asesor.

Perangkat disiapkan dengan lebih mudah membuatnya S/M dalam persiapan akreditasi dan pada saat visitasi. Perangkat Akreditasi dapat diakses melalui situs web BAN-S/M, Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan media lainnya sehingga dapat dipelajari.

Baca juga: Begini Contoh Surat Lamaran CPNS Pemprov Sulawesi Barat

Pilar kedua adalah asesor yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan keterbukaan, BAN-S/M mensyaratkan usia 35-60 tahun, pendidikan sekurang-tinggi S1, memiliki pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang relevan, dan mahir komputer.

Bagi guru profesi harus mendapat S/M yang terakreditasi. Asesor juga harus memiliki kecakapan sosial dan berkepribadian luhur. Asesor yang tidak dapat mengganti kode etik dapat diberhentikan. Rekrutmen dilaksanakan terbuka di media massa atau disetujui ke lembaga terkait.

Setiap orang yang melamar sebagai asesor harus mengikuti tes tulis, wawancara, evaluasi portofolio, dan pelatihan calon asesor. Asisten profesional yang ditunjuk, tetapi profesional yang diseleksi dengan ketat.

Pilar Ketiga adalah manajemen yang bermutu. BAN-S/M memperbaiki sistem manajemen yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan kegiatan. pemantauan dan evaluasi. Proses penetapan kuota dan S/M diperbaiki sehingga lebih cepat, adil, dan objektif.

Baca juga: Ini Alokasi Sembilan Unit Kerja Dan 143 Satker Penerimaan CPNS Kemenag 2019

Usaha penyempurnaan manajemen dapat dilihat dari perubahan prosedur operasional standar (POS). Melalui POS pihak-pihak yang terkait dengan Akreditasi khusus BAP-S/M dan Kepala sekolah mampu melaksanakan kegiatan dengan benar. Terkait dengan pilar ketiga adalah pertanggungjawaban keuangan yang benar, kinerja, dan komunikasi yang semakin baik.

Pilar keempat adalah hasil-hasil yang bermutu. BAN-S/M mulai mengembangkan sistem basis data yang diterbitkan hasil dan peringkat Akreditasi. Hasil-hasil Akreditasi terpadu dengan data dasar pendidikan, dan memuat data tentang kondisi S/M sehingga menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan.

BAN-S/M memilih beberapa Daerah mulai membuat hasil Akreditasi sebagai bagian dari program Peningkatan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa menyediakan data-data yang lengkap dan mutakhir, mudah diakses, dan berguna.

Berbagai pihak dapat mengolah dan memanfaatkan hasil akreditasi untuk keperluan studio, perencanaan mutu pendidikan, dan perencanaan pembangunan.

Baca juga: UMK Parimo Sulawesi Tengah Tahun 2020 Ditetapkan Rp. 2.445.950

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment