Ratusan SD Belum Setor Kertas Kerja Dana BOS 2018

0
95
Ratusan SD Belum Setor Kertas Kerja Dana BOS 2018
Info grafik Peruntukan dana BOS

Parimo, gemasulawesi.com Ratusan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) belum menyetor kertas kerja dana BOS tahun 2018.

Selain kertas kerja dana BOS 2018, ratusan SD belum mengajukan Surat Permintaan Pembayaran Dana (SP2D) untuk semester satu dan dua tahun 2018.

“Sejauh ini masih ada total 142 dari 395 sekolah belum memasukan SP2D. Jumlahnya dikisaran 35 persen,” ungkap Kadis Dikbud Parimo, Adruddin Nur. di gedung serba guna Tinombo, Selasa, 6 Agustus 2019.

Dia mengingatkan, kepada seluruh pihak sekolah jika dalam proses pemeriksaan keuangan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pertama kali akan memeriksa dana BOS.

Sehingga kata dia, pihak sekolah harus memaksimalkan dengan baik pengelolaan dan peruntukkan anggaran dimaksud dengan tidak mengabaikan pertanggung jawaban.

Sebab lanjutnya, kemajuan suatu sekolah tergantung pada sejauh mana kemampuan Kepsek dalam mengatur sekolah.

“Apabila pengelolaan dana BOS ini tidak dilakukan dengan baik atas asas transparansi sesuai dengan aturan yang berlaku, maka akan mempengaruhi neraca Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” tegasnya.

Ia menambahkan, perlu disyukuri bagi seluruh komponen pendidikan, anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018, khusus bidang pendidikan tidak terdapat permasalahan.

Sehingga, seluruh Kepsek beserta jajarannya harus mempertahankan kinerjanya pada tahun anggaran 2019.

Diketahui, Juknis BOS dalam Permendikbud No 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Merupakan panduan dan pedoman bagi Penyelenggara BOS agar dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada pihak lain diluar sekolah.

Laporan: Tim Gemasulawesi

Tinggalkan Balasan